Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Bagaimana Cara Bertahan di SERP Google Walau Jarang Update Blog?

Cukup lama jeda waktu antara posting kali ini dengan artikel sebelumnya (Kapan Navigasi Breadcrumb dideteksi google?). Selain karena kesibukan pribadi, sebenarnya juga sedang sambil melakukan percobaan. Percobaan kali ini menyangkut pertanyaan, Benarkah google lebih menyukai blog yang sering update dibandingkan dengan blog yang jarang update?

Apakah perkembangan blog ini negatif atau malah positif?

Hasilnya cukup aneh, perkembangan blog saya malah menunjukkan grafik yang meningkat (berdasarkan data google analytics dan alexa). Beberapa katakunci pun malah tetap pada posisi dimana saya meninggalkannya, Bahkan beberapa malah meningkat posisinya. Artinya SERP blog ini tetap stabil, dan itu tanpa optimasi sama sekali (maksudnya tanpa penyuntikan backlink sama sekali).

Apakah google sudah tidak peduli lagi dengan frekuensi update?

Jika mengambil kesimpulan seperti itu masih terlalu cepat rasanya, apalagi fitur baru google, realtime search, peringkatnya disusun berdasarkan waktu terakhir kali posting.

Jadi, mari kita ambil kesimpulan lain, Google tetap menjadikan frekuensi update posting sebagai salah satu faktornya. Akan tetapi, jika suatu blog dianggap tetap memiliki manfaat bagi para pencari, google akan tetap mempertahankan rangking blog tersebut, walau blognya jarang update.

Intinya, buatlah pembaca merasa artikel sobat benar-benar bermanfaat & merasa betah berlama-lama di blog sobat. Dengan begitu, seandainya google juga memperhitungkan waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman, blog sobat akan lebih mudah untuk bertahan di SERP jika pembaca betah berlama-lama di blog anda.

Apa yang harus dilakukan agar blog dapat bertahan di SERP?

Agar blog tetap memiliki jumlah kunjungan yang positif walau blog jarang update, Buatlah artikel-artikel pilar. Arti artikel pilar disini adalah artikel yang tetap banyak dicari orang setiap harinya walau trend telah berubah. Caranya bisa dengan menargetkan katakunci abadi (kata kunci yang selalu dicari orang setiap harinya, lawan kata dari katakunci musiman).

Selain itu, Agar dapat dengan mudah mempertahankan posisi di SERP, Blog sobat harus memiliki jumlah backlink yang cukup dengan Anchor text sesuai katakunci yang ditargetkan. Ini ilmu lama yang masih ampuh sampai sekarang. Walau bagaimanapun, Backlink tetap menjadi jiwa SEO itu sendiri dari zaman ke zaman.
Sumber
Demikianlah Bagaimana Cara Bertahan di SERP Google Walau Jarang Update Blog? semoga bermanfaat
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
11 Komentar untuk "Bagaimana Cara Bertahan di SERP Google Walau Jarang Update Blog? "

Mantap... Langsung ane praktekin ah.
Salam kenal:
http://www.wahyuhidayatindonesia.blogspot.com/

Nice Share nih, patut dipraktekan, Thanks gan :D

artikel saya memang jarang updeta gan trakhir update aja tgl 20 septmber 2013.
mdh2han dgn cra agan ini bsa brmnfaat tuk saya.
thank gan.

Terimakasih mas... bagus artikelnya untuk bertahan di SERP. :)

mas, biasanya butuh waktu berapa lama agar postingan muncul di serp? padahal kalau dicari di google.com sudah terindeks. kenapa ya kira-kira?

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top