-->
PHP Dev Cloud Hosting
Cara jitu Lulus Mengerjakan Soal CAT CPNS 2018

Cara jitu Lulus Mengerjakan Soal CAT CPNS 2018




Pada seleksi CPNS tahun 2018 ini tes akan diselenggarakan dengan sistem komputerisasi atau menggunakan sistem CAT Computer Assisted Test pada keseluruhan instansi baik Instansi Pusat Kementrian Atau CPNS Daerah Tahun 2018 yang buka lowongan formasi yang mana hal ini perlu strategi khusus agar kita para calon pelamar cpns bisa membagi waktu dalam pengerjaan soalnya.
Materi Soal Tes CAT CPNS Tahun 2018

Seperti tes CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi dengan sistem CAT ini juga mengadakan serta mengujikan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB)


Test CAT TKD 2014 nantinya tetap akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang dimulai dari tingkat lulusan SMA sederajat sampai dengan tingkat lulusan hingga S-3 untuk formasi masing-masing instansi sesuai dengan kuota dan formasi cpns tahun anggaran 2017-2018 ini.

Seperti halnya TKD, TKB juga akan disesuaikan dengan bidang tugas masing-masing jabatan. Tenaga honorer ataupun pelamar umum untuk formasi tenaga kesehatan pada Pendaftaran CPNS Kementrian Kesehatan 2018 akan mengerjakan tes bidang kesehatan yang khusus untuk kesehatan.

Tenaga honorer dan palamar umum sebagai tenaga pendidik pada Penerimaan CPNS Kemendikbud 2018 akan mengerjakan tes bidang kependidikan untuk guru atau dosen dan cpns tenaga honorer 2018 sebagai tenaga teknis dan administrasi akan mengerjakan tes bidang administrasi umum.

Sementara itu, instansi tidak wajib menyelenggarakan TKB untuk pelamar umum. Penyelenggaraan TKB bagi pelamar umum ini disesuaikan dengan kebutuhan jabatan. (kampus.okezone.com)

Berikut tahapan cara mengerjakan soal-soal tes CPNS CAT Online 2018 dari BKN yaitu :

1. Kerjakan Soal CAT Yang Mudah Terlebih Dahulu.
Peserta mengerjakan soal-soal yang mudah pada saat mengerjakan soal tes kemampuan dasar (TKD) Komputer Assisted Test terlebih dahulu. Hal ini untuk menyingkat waktu pengerjaan tes online. Mengingat bahwa waktu tes CAT cpns ini adalah 90 menit untuk 100 soal.

Sehingga waktu mengerjakan satu soal CAT cpns online ini hanya berkisar kurang lebih 54 detik. Kesimpulan peserta harus dapat menyelesaikan satu soal cpns online kurang dari satu menit.

2. Perbedaan Warna Soal-Soal Computer Assisted Test.
Soal pada awal akan berwarna merah. Dan bila telah menyelesaikan materi soal cat cpns online maka warna merah itu akan berganti menjadi warna hijau yang artinya peserta telah menyelesaikan soal-soal CAT tersebut.

Perbedaan warna soal ini akan memudahkan peserta untuk mengetahui soal mana yang telah dikerjakan dan soal mana yang belum dikerjakan. Nilai akhir tes CAT akan bisa dilihat ketika peserta telah menyelesaikan semua bentuk jenis macam soal CAT cpns tersebut.

Kisi-Kisi Soal Materi CAT 2014
Tehnik mengerjakan soal cpns online berikutnya adalah terlebih dahulu peserta diharapkan mengetahui dan memahami akan bentuk-bentuk varian jenis serta kisi-kisi soal-soal cpns yang akan dimunculkan oleh panselnas atau pun instansi tempat melakukan pendaftaran secara online tiap para pelamar dan peserta.

Materi soal CAT CPNS 2014 dalam hal Tes Kemampuan Dasar ini nantinya akan berisikan isi kisi soal yang memuat wawasan kebangsaan yang terbagi menjadi soal-soal seputar Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara. Sehingga peserta juga harus mengetahui mendalami berbagai hal yang terkait dengan sejarah kebangsaan negara kita Indonesia secara umum.

Soal selanjutnya adalah tes intelegensia umum yang nantinya hal ini bertujuan untuk menguji tingkat intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. Kemudian untuk tes karakteristik pribadi (TKP) menguji kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan berprestasi. Sehingga untuk materi ini sebenarnya tidak perlu belajar lagi, karena berkaitan dengan pribadi masing-masing.

Namun, nilai TKP jangan sampai di bawah 70 karena dinilai tidak mempunyai karakteristik yang memadai dan juga dinilai menjadi SDM yang susah dikembangkan. Adapun nilai maksimal TKP adalah 175 dari pengalaman tahun lalu. Dan jangan lupa pula mengetahui nilai passing grade kelulusan Tes CAT CPNS 2018 ini pula.

Dikatakan selanjutnya oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana bahwa peserta tes CPNS akan mendapatkan 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Dari keseluruhan itu, 60% soal TIU harus benar dijawab, 50% untuk soal TWK, dan 40% untuk soal TKP.

Tahun lalu jumlah nilai yang dapat memenuhi persyaratan sejumlah 250, namun masing-masing kelompok soal harus memenuhi batas minimumnya yaitu 105 untuk TWK, 75 untuk TIU, dan 70 untuk soal TKP. “Kalau kurang dari passing grade, walaupun dua kelompok mendapat nilai tinggi, tetap tidak lulus,” ujarnya.

3. Berdoa Optimis dan Berlatih Soal-Soal Latihan Tes CAT
Dan ini adalah tambahan sendiri dari admin untuk bisa mudah dalam mengerjakan soal-soal seleksi penerimaan cpns di tahun anggaran 2017-2018 ini yang memeberikan kuota formasi cpns sebanyak 100.000 formasi.

Tentunya sebagai manusia yang beragama kita harus selalu mendahulukan berdoa kepada Allah untuk kesuksesan dan kemudahan dalam mengerjakan berbagai macam bentuk soal ujian cpns. Selanjutnya adalah berusaha dengan berlatih kumpulan soal-soal menghadapi ujian cpns dengan berbasis komputer CAT yang mudah kita temukan baik secara online maupun belajar dari pengalaman tahun yang lalu.

Optimis dalam mengerjakan satu demi satu soal komputer yang online. Jangan ragu dan pesimis terlebih dahulu bila melihat banyaknya peserta pendaftar cpns asn yang begitu banyak dibandingkan dengan jumlah alokasi kuota formasi c[ns yang disediakan oleh pemerintah dan instansi yang dilamarnya sumber
Advertisement
Loading...
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda