Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporan Praktek Instalasi Sistem Operasi Linux Debian 5 Lenny

LAPORAN INDIVIDU
MK. TEK. INSTALASI PERAWATAN DAN PERB. KOMP.
PERCOBAAN VII
A.   TUJUAN PERCOBAAN
Dalam percobaan ini, akan diujikan bagaimana Cara menginstal linux debian 5 lenny.
B.   TEORI DASAR
Linux  adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanyaumumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenisperangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya sepertiMicrosoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite).
GNU/Linux Debian diciptakan oleh Ian Murdock pada tanggal 16 Agustus 1993. Ian Murdock lahir pada tanggal 28 April 1973 di kota Konstanz, Jerman. Ian Murdock adalah seorang pendiri distro Linux Debian dan Sistem Linux Progeny (sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan berdasarkan distribusi komersial suatu sistem operasi yang dibangun di atas kernel Linux dan didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas, seperti GNU General Public License (GPL), CMIIW. Aduh, jadi cerita tentang profil Ian Murdock nih.
Pada tahun 1993 Ian Murdock menulis ketetapan Debian ketika ia sedang kuliah di Universitas Purdue dan lulus dengan menerima gelar sarjana ilmu komputer pada tahun 1996. Kenapa ia memberikan nama Debian pada distro Linuxnya? Karena Debian diambil dari kata Deb dan Ian, di mana Deb potongan kata dari nama pacarnya, yaitu Debra dan Ian diambil dari namanya sendiri, yaitu Ian Murdock. Mereka pernah menikah lalu bercerai pada tahun 1997.
Sekarang Ian Murdock sudah bergabung dengan perusahaan Sun Microsystem, dia memimpin proyek Indiana, membuat distro OpenSolaris yang full dengan GNOME dan tool-tool GNU serta ditambah dengan jaringan berbasis paket sistem manajemen. Kemudian ia pindah posisi menjadi Wakil Emerging Platforms di Sun.
Linux Debian itu sendiri Distro Debian seringkali disebut-sebut sebagai pure GNU/Linux, bisa dibilang satu-satunya distro yang sampai sekarang ini masih mengikuti asas free software. Debian memiliki sistem pemaketan sendiri. Semua paket yang akan dipaketkan ke dalam distro Debian harus mengikuti Debian Free Software Guidelines.
Dan paket-paket yang akan dipaketkan ke dalam Linux Debian harus melalui 3 tahap seleksi, yaitu tahap stable, testing dan unstable. Untuk melewati ketiga tahap tersebut sampai mendapatkan predikat software stable (stabil) akan memakan waktu yang cukup lama. Sampai saat ini versi Debian baru mencapai 5.0.3 (sejak artikel ini ditulis), yang telah berdiri sebelum adanya distro RedHat ataupun SuSE. Biasanya rilis Debian yang baru memerlukan waktu sekitar 4 tahunan dari rilis sebelumnnya.
      Isu yang paling sering dibicarakan menyangkut Linux Debian adalah tentang kestabilannya. Jadi, wajar saja jika Debian merilis versi terbarunya sekitar 4 tahunan karena yang paling diprioritaskan adalah kestabilannya. Sehingga tidak heran kalau distro Debian ini banyak digunakan sebagai dasar pembuatan distro lain.
      Debian memiliki distro turunannya sendiri yang bisa anda lihat di situs resmi Debian. Berikut ini beberapa  contoh distro turunan Linux Debian :
·         Knoppix. Distro ini merupakan salah satu distro yang banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux Debian karena user-friendly (mudah dipakai) dan tidak perlu melakukan instalasi. Selain itu distro ini bisa meng-harddisk-kan Knoppix. Dukungan hardware juga komplit sehingga distro ini sangat bagus untuk dipakai.
·         Demo Linux. Merupakan distro GNU/Linux yang bisa dijalankan tanpa perlu diinstal ataupun partisi harddisk.
·         Stromix. Para pengembang distro Stromix mengklaim distro buatannya sebagai distribusi GNU/Linux yang sangat stabil dan aman.
·         Gibraltar. Merupakan distro yang khusus diperuntukkan untuk firewall/router.
·         Libranet. Distro ini memaketkan paket-paketnya dengan kemudahan yang diberikan dalam hal instalasi.
·         Linex. Distro ini dikembangkan oleh The Regional Government of Extramadura (Spain) dengan tujuan untuk memigrasikan seluruh sistem operasi. Distro ini dikhususkan untuk keperluan perkantoran dan bisnis.
C.   ALAT DAN BAHAN
1.    Laptop
2.    CD system operasi Debian 5 Lenny
  
D.   GAMBAR PERCOBAAN
E.   LANGKAH KERJA
1.    Nyalakan computer
2.    Tekal del, untuk masuk kedalam bios, rubah prioritas boot pertama menjadi DVD dan boot kedua jadi harddisk. Kemudian pilih save change and exit.
3.    Pada menu tampilan awal debian, Pilih install seperti pada gambar 123.
4.    Pilih bahasa yang ingin digunakan. Seperti pada gambar 124
5.    Pilih lokasi tempat tinggal anda, jika ingin pilih Indonesia maka klik other. Seperti pada gambar 125
6.    Pilih asia, seperti pada gambar 125
7.    Pilih Indonesia seperti pada gambar 127
8.    Pada bahasa keyboard pilih American English, seperti pada gambar 128
9.    Pilih eth0 pada pemilihan configurasi jaringan seperti pada gambar 129
10. Pilih do not configure, seperti pada gambar 130
11. Pilih time zone anda, seperti pada gambar 131
12. Pilih manual pada pembagian pertisi, seperti pada gambar 132
13. Pilih free space seperti pada gambar 133
14. Pilih create new partition seperti pada gambar 134
15. Masukkan kapasitas partisi untuk linux. Seperti pada gambar 135
16. Sesuaikan pengaturan partisi seperti pada gambar 136
17. Pilih done setting.
18. Pilih partisi yang telah dibuat seperti pada gambar 137
19. Pilih no, seperti pada gambar 138
20. Pilih yes. Pada gambar 139
21. Tunggu hingga proses format dan pengistalan selesai.
22. Pilih united state. Pada gambar 140
23. Pilih salah satu paket debian. Seperti pada gambar 142
24. Kosongkan http proxy, pilih continue. Pada gambar 143
25. Pilih go back. Seperti pada gambar 144
26. Pilh yes. Pada gambar 145
27. Tunggu hingga proses selesai. Pada gambar 146
28. Pilih continue. Pada gambar 147
29. Pilih yes. Pada gambar 148
30. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
31. Pilih continue. Seperti pada gambar 149.
32. Pada proses booting pilih debian paling atas. Seperti pada gambar 150.
33. Masukkan password login. Pada gambar 151.
34. Proses selesai.
F.    HASIL PENGAMATAN
Gambar 153.Tampilan linux debian 5 lenny
G.   ANALISA DATA
                                             
Pada pengistalan debian 5 lenny kita bias mengatur configurasi dasar jaringan, seperti IP, DNS, HostName, dsb. Debian 5 lenny adalah system operasi yang cocok digunakan kepada computer server dalam suatu jaringan, karena configurasi networkingnya yang spesifik.
H.   KESIMPULAN
Linux  adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh.
Maaf ya gan soalnya gak posting semua gambar percobaannya, tapi semua langkah kerja berurut seperti dengan urutan gambar baca juga artikel Laporan Praktikum Instalasi Sisitem Operasi Windows Dual Boat Windows Seven Dan Eight/8
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Laporan Praktek Instalasi Sistem Operasi Linux Debian 5 Lenny"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top