Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporan Praktek Perancangan Elektronika Membuat Downloader AVR

LAPORAN KELOMPOK
M.K. Perancangan Elektronika
DOWNLOADER AVR
OLEH
MUHAMMAD TASBILLAH              102514015
MUHAMMAD MUNAWAR               102514016

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi sekarang ini telah mengalami peningkatan sedemikian pesatnya hingga ke berbagai sisi kehidupan manusia. Perkembangan tersebut didukung oleh tersedianya perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang semakin canggih dan meningkat kemampuannya. Perpaduan antara hardware dan software bisa membuat suatu sistem yang canggih yang tentunya lebih menghemat dari segi biaya pembuatan maupun biaya pemeliharaan. Apabila terjadi kerusakan, kerusakan tersebut tidak hanya berasal dari hardwarenya namun bisa berasal dari softwarenya. Sistem dapat diperbaiki melalui softwarenya dengan cara menghapus dan isi dengan software yang baru tanpa mengeluarkan biaya lagi. Munculnya komponen – komponen mikro yang semakin canggih dunia elektronika saat ini dapat menunjang manusia untuk membuat software. Manusia diharapkan dapat membuat  software yang bisa digunakan untuk menunjang hardware – hardware untuk menjadi suatu sistem yang sangat canggih dan tentunya akan sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Maka dari itu , kami mencoba merancang “DOWNLOADER AVR”.
AVR  merupakan  salah  satu  jenis  mikrokontroler  yang  di  dalamnya terdapat berbagai macam fungsi. Perbedaannya pada mikro yang pada umumnya digunakan  seperti MCS51  adalah  pada  AVR  tidak perlu  menggunakan oscillator  eksternal  karena  di  dalamnya  sudah  terdapat  internal  oscillator.  Selain  itu kelebihan  dari  AVR  adalah  memiliki Power-On  Reset ,  yaitu  tidak  perlu  ada  tombol reset dari luar karena cukup hanya dengan mematikan supply , maka secara otomatis  AVR  akan  melakukan  reset .  Untuk  beberapa  jenis  AVR  terdapat  beberapa  fungsi  khusus  seperti  ADC,  EEPROM  sekitar  128  byte sampai  dengan 512 byte. AVR  ATmega8  adalah  mikrokontroler  CMOS  8-bit berarsitektur  AVR RISC  yang  memiliki  8K  byte in-System  Programmable  Flash.  Mikrokontroler dengan  konsumsi  daya  rendah  ini  mampu  mengeksekusi  instruksi  dengan kecepatan maksimum 16MIPS pada  frekuensi 16MHz. Jika dibandingkan dengan  ATmega8L perbedaannya hanya terletak pada besarnya tegangan yang diperlukan untuk  bekerja.  Untuk  ATmega8  tipe  L,  mikrokontroler  ini  dapat  bekerja  dengan tegangan antara 2,7 -  5,5 V sedangkan untuk ATmega8 hanya dapat bekerja pada tegangan antara 4,5 – 5,5 V.
B.       TUJUAN
1.        Untuk mengetahui bagaimana membuat downloader yang komponen utamanya adalah ATmega 8.
2.        Untuk mengetahui bagaimana membuat skematik rangkaian dengan menggunakan software proteus dan diptrace.
3.        Untuk mengetahui bagaimana prinsip kerja downloader AVR.
                                              
C.      SPESIFIKASI PRODUK
1.        Produk yang kami buat terdiri dari berbagai komponen elektronika resistor, ATmega8, IC Kristal dll.
2.        Produk kami bisa digunakan untuk mentransfer program ke rangkaian elektronika.
BAB II
PEMBAHASAN
A.      KAJIAN TEORI
Melihat banyaknya kendala jika kami seorang mahasiswa elekronika untuk mentransfer proram ke rangkain yang kami buat, oleh karena itu dengan adanya tugas ini kami ditugaskan untuk membuat suatu downloader, yang berfungsi untuk mentransfer program ke suatu rangkian elektronika. Komponen utamanya ATmega 8.
AVR  merupakan  salah  satu  jenis  mikrokontroler  yang  di  dalamnya terdapat berbagai macam fungsi. Perbedaannya pada mikro yang pada umumnya digunakan  seperti MCS51  adalah  pada  AVR  tidak perlu  menggunakan oscillator  eksternal  karena  di  dalamnya  sudah  terdapat  internal  oscillator.  Selain  itu kelebihan  dari  AVR  adalah  memiliki Power-On  Reset ,  yaitu  tidak  perlu  ada  tombol reset dari luar karena cukup hanya dengan mematikan supply , maka secara otomatis  AVR  akan  melakukan  reset .  Untuk  beberapa  jenis  AVR  terdapat  beberapa  fungsi  khusus  seperti  ADC,  EEPROM  sekitar  128  byte sampai  dengan 512 byte. AVR  ATmega8  adalah  mikrokontroler  CMOS  8-bit berarsitektur  AVR RISC  yang  memiliki  8K  byte in-System  Programmable  Flash.  Mikrokontroler dengan  konsumsi  daya  rendah  ini  mampu  mengeksekusi  instruksi  dengan kecepatan maksimum 16MIPS pada  frekuensi 16MHz. Jika dibandingkan dengan  ATmega8L perbedaannya hanya terletak pada besarnya tegangan yang diperlukan untuk  bekerja.  Untuk  ATmega8  tipe  L,  mikrokontroler  ini  dapat  bekerja  dengan tegangan antara 2,7 -  5,5 V sedangkan untuk ATmega8 hanya dapat bekerja pada tegangan antara 4,5 – 5,5 V.
B.       ALAT  & BAHAN
1.      ALAT
·           Solder
·           Bor
·           Amplas
·           Baskom untuk melarut
2.      BAHAN
·           PCB
·           Kabel jamper
·           Timah
·           Ferry Clorida
·           Software Preteus & diptarace
·           Air hangat untuk melarut
3.      KOMPONEN
·           IC ATmega8
·           Resistor
·           Kapasitor keramik
·           Elco
·           LED
·           Kristal
·           Soket hounseng
·           USB
C.      LANGKAH KERJA
1.      Siapkan Alat dan Bahan.
2.      Membuat skematik rangkaian.
3.      Membuat layout rangkaian.
4.      Mencetak layout.
5.      Foto copy layout yang sudah dicetak dengan menggunakan kertas kingstruk.
6.      Menyetrika layout  yang sudah di foto copy, supaya menempel ke papan PCB
7.      Membuka kertas kingstruk dari papan PCB.
8.      Melarut rangkaian yang sudah disetrika.
9.      Mengebor papan PCB yang sudah selesai di larut.
10.  Memasang komponen sesuai skematik.
11.  Membuat kesimpulan dan saran.

BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
·           Rangkaian downloader yang kami buat besar harapan kami untuk bisa digunakan meskipun sangat banyak kekurangan dalam rangkaian tersebut  baik dari sisi kekompakan kelompok maupun kurangnya pegalaman dalam pembuatan alat seperti yang ditugaskan kepada kami.
B.       SARAN
·           Jika ke depannya kami mendapati tugas seperti ini kami sangat menginginkan bimbigan langsung dari dosennya ataupun penggantinya.
·           Khusus untuk teman kelompok kami, tolong maksimalkan kekompakan jika mendapatkan tugas kelompok. Utamakan “kekompakan” jangan saling mengharap.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Laporan Praktek Perancangan Elektronika Membuat Downloader AVR"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top