Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporan Praktek Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer, Merakit Komputer

Laporan Praktikum
Praktek Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer
LAPORAN PRAKTIKUM I
MERAKIT KOMPUTER

Oleh:
MUHAMMAD TASBILLAH
102514015
S1
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
PERCOBAAN I
MERAKIT KOMPUTER
A.   TUJUAN PERCOBAAN
Dalam percobaan ini, akan diujikan bagaimana Cara merakit computer dengan baik dan benar pada 3 komponen utama computer.
B.   TEORI DASAR
Komputer dalam bahasa inggris disebut to compute yang berarti orang yang sedang menghitung, sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan computare yang berarti menghitung. Komputer seperti yang telah kita ketahui merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memiliki banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas. Sebelumnya pada masa Perang Dunia ke-2 komputer adalah suatu mesin mekanis yang berfungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika. Selain itu komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, kemudian mengolah data, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input > Proses > Output). Jadi Cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut.
1.     Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2.     Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang   mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
a.    Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
b.    Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3.     Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
a.    Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
1)     ·PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
2)     RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
3)     EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi Cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4)     EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
b.    Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
4.     Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk.
C.   ALAT DAN BAHAN
1.    Power Supply
2.    Motherboard
3.    Processor
4.    Memory
5.    Processor Fan
6.    Jumper
D.   GAMBAR PERCOBAAN
 
Gambar 1 Power Supply
 
Gambar 2 Processor
Gambar 3 Memory
 
Gambar 4 Motherboard
 
Gambar 5 Processor Fan
E.   LANGKAH KERJA
1.    Siapkan alat dan bahan yang akan dirakit.
2.    Tes power supply dengan Cara melakukan jumper pada pin ke 4 berwarna hijau dan pin 3 berwarna hitam.
3.    Berikan tegangan input ke Power Supply.
4.    Perhatikan fan pada power supply, jika fan berputar maka menandakan bahwa power supply dalam keadaan bagus dan bisa digunakan.
5.    Pasang processor pada slot processor pada motherboard, sesuaikan posisi processor dengan melihat pengunci pada processor dengan motherboard. Lalu Tekan pengunci processor
6.    Sebelum memasang Processor fan, pastikan bagian hitam pada pengunci tidak terjepit dan pengunci pada Processor fan dalam keadaan terkunci.
7.    Pasang Processor fan ke motherboard dengan posisi kabel power fan berdekatan dengan soketnya.
8.    Tekan besi pada pengunci agar fan merapat ke motherboard lalu tekan pengunci sampai terdengar bunyi klik. Lakukan penguncian secara diagonal.
9.    Pasang kabel power Processor fan ke socketnya.
10. Pasang memory pada slot memory dengan Cara memperhatikan lubang pada memory agar sesuai dengan tonjolan yang ada pada slotnya. Pastikan pengunci dalam keadaan terbuka sebelum memasukkan memory ke tempatnya.
11. Tekan kedua ujung memory dengan menggunakan jempol dan tekan pengunci memory dengan menggunakan jari telunjuk secara bersamaan. Cara ini akan memudahkan dalam pemasangan memory.
12. Pasang kabel power power supply pada slot power di motherboard, dan perhatikan posisi pengunci pada kabel dan juga pada motherboard.
13. Berikan tegangan input pada power supply.
14. Lakukan jumper pada power switch atau power button yang terletak di slot front panel pada motherboard.
15. Perhatikan Processor Fan, jika processor fan berputar maka menandakan bahwa computer sudah menyala, jika memiliki led pada motherboard maka led akan menyala dan juga jika motherboard memiliki speaker onboard maka akan terdengar bunyi beep.
16. Untuk mengetahui kondisi Processor, RAM, Mainboard dan Power supply bisa dilakukan tes tampil di monitor.
17. Analisa data dan Kesimpulan
F.    HASIL PENGAMATAN
1.    Hasil pengetesan power supply dengan menjumper antara kabel berwarna hijau dan hitam mengakibatkan kipas pada power supply berputar.
2.    Pemasangan processor, memory, dan power supply pada mainboard merupakan syarat utama untuk melakukan tes tampil pada monitor.
G.   ANALISA DATA
Berdasarkan hasil pengamatan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan 3 komponen utama computer dapat membuat computer menyala sampai ke batas system Bios. Jika salah satu komponen utama ini dihilangkan atau tidak dipasang maka computer tidak akan bekerja.
H.   KESIMPULAN
Komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
Komponen utama computer yaitu : Motherboard, Processor, Memory, dan Power Supply. Untuk mengetahui kondisi masing-masing komponen tersebut bisa dilakukan tes tampil di monitor.

Baca Juga Artikel  Laporan Praktek Perancangan Elektronika Membuat Downloader AVR
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Laporan Praktek Instalasi Perawatan dan Perbaikan Komputer, Merakit Komputer"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top