Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Penyebab Blog Terkenal Cara Ririn di Hapus Google?

Blogger adalah sebuah layanan blog gratis yang diberdayakan oleh google. Pengguna bisa sesukanya membuat blog dan mengisinya dengan konten apa saja. Namun jika blog itu dianggap melanggar kebijakan blogger, maka blog tersebut akan dihapus oleh google karena dianggap sebagai blog spam.
Bagaimana jika yang dihapus adalah blog terkenal?
Inilah yang baru saja terjadi di kalangan pengguna blogger di Indonesia.  Sebuah blog terkenal “Cara Ririn” yang beralamat di http://cara-ririn.blogspot.com telah dihapus oleh google sekitar selasa malam pada tanggal 17 desember 2013. Tentu saja terhapusnya sebuah blog terkenal akan membuat heboh kalangan para webmaster. Menjelang dinihari banyak fans blogger Cara Ririn kebingungan dan kaget karena menemukan alamat kosong yang menunjukkan blog telah dihapus.

Cara Ririn adalah sebuah personal blog berisi konten bertema blogger. Blog ini dikelola oleh seorang webmaster cewek bernama Wahyu Eka Prasetyarini, atau di kalangan fans-nya biasa dipanggil mbak Ririn. Banyak webmaster Indonesia di luar negeri yang menyoroti website ini.
Diluncurkan sekitar awal 2013, Cara Ririn memiliki perkembangan pesat di search engine. Dengan usia blog yang masih muda, Cara Ririn menduduki top 10 besar halaman pertama google untuk artikel bertopik blogger. Sebagai blog yang baru saja muncul di permukaan, tentu saja Cara Ririn dengan mudah dikenal oleh webmaster lain dan membuatnya semakin popular.
Selain itu, menurut beberapa jurnal blogger yang diposting di internet, sang admin Mbak Ririn terkenal ramah terhadap para blogger lainnya. Inilah yang membuat blog sederhana itu mendapat banyak dukungan dari mayoritas blogger yang sudah mengenalnya. Keberadaan Mbak Ririn dikenal memiliki potensi mampu membangkitkan spirit para blogger untuk ngeblog.
Mengapa Cara Ririn dihapus oleh google?
Inilah yang menjadi topik hangat selama beberapa hari terakhir. Beberapa webmaster senior terheran-heran mengapa Cara Ririn bisa terhapus dan apa yang menjadi penyebabnya. Sementara itu, Cara Ririn adalah blog yang mematuhi kebijakan program google adsense, dan tentunya pasti mematuhi kebijakan blogger. Maka tak heran lagi jika beberapa pakar publisher adsense juga banyak yang bertanya-tanya tentang hal ini.
Pada awalnya, Cara Ririn adalah blog yang berperan sebagai publisher google adsense. Yaitu blog yang menayangkan iklan google, sebuah aplikasi periklanan yang dikelola oleh Google Inc. Namun, tanpa diketahui sebab-sebabnya tiba-tiba blog ini melepas semua iklan google dan menggantinya dengan iklan banner milik beberapa pengiklan lokal.
Sejak itulah mungkin Mbak Ririn mulai mengabaikan kebijakan program adsense. Dengan dimulainya berkomentar menggunakan Open ID secara berulang-ulang diluar batas kewajaran, maka hal ini menarik perhatian kebijakan blogger.
Seperti kata Mbak Ririn, “Kalau saya melihat, blog saya di hapus karena saya terlalu sering menggunakan OpenID akhir-ahir ini untuk berkomentar di blog teman-teman. Sehingga di anggap spam oleh sistem Blogger, yang pada gilirannya blog saya di hapus. “
Dalam teknologi engineering, informasi yang diberikan mbak ririn itu merupakan sebuah “observasi” dalam teori mekanik yang disebut  ”pohek”, yaitu teori technician yang digunakan untuk melacak suatu masalah. Informasi dari orang yang paling dekat dengan blog (admin) adalah informasi penting dan paling benar yang harus  dipertimbangkan untuk segera dilacak agar bisa menemukan sebuah kesimpulan.
Google serius mengawasi situs yang tercatat di jaringan adsense. Sementara itu, Open ID yang berlebihan dan dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu singkat akan ditandai sebagai “manual action” atau tindakan manual berupa spam tautan (linkspam). Tentu saja ini merupakan pelanggaran pedoman mutu webmaster. Googlebot dan perayap adsense adalah dua robot yang berbeda tugas namun mereka saling berbagi informasi. Mungkin inilah pemicu Cara Ririn terhapus.
Seperti yang dijelaskan oleh google tentang “Blog Spam” seperti berikut ini;
“Seperti pada banyak alat-alat canggih, layanan blog dapat digunakan serta dapat juga disalahgunakan. Kemudahan membuat dan memperbarui laman web dengan Blogger telah menjadikannya sangat rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai spam tautan. Blog yang terlibat dalam perilaku ini disebut blog spam, dan dapat dikenali dari teksnya yang tidak relevan, diulang-ulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan tautan yang jumlahnya banyak, biasanya semua tautan tersebut mengarah ke satu situs.
Blog spam menyebabkan berbagai masalah, di luar hanya membuang sedikit waktu Anda ketika Anda kebetulan menjumpai blog semacam itu. Blog semacam ini dapat menghambat mesin telusur, sehingga mempersulit mesin telusur untuk menemukan konten autentik mengenai topik yang Anda minati.”
Maka sudah jelas bahwa tautan yang mengarah ke satu situs dan berlebihan yang dilakukan secara tiba-tiba akan ditandai sebagai spam.
Blogger menyediakan Open ID untuk berkomentar, namun jika dilakukan secara berlebihan maka akan dianggap spam. Seperti hal lainnya, blogger memberi kebebasan kepada pengguna untuk update artikel sesukanya, namun jika dilakukan secara berlebihan maka akan dianggap spam pula dan akan berakhir dengan tindakan penghapusan blog.
Masa-masa akhir Cara Ririn
Cara Ririn terakhir kali terekam di internet archive menunjukkan PageRank nol, sementara peringkat alexa menduduki angka 33.170 untuk rank global dan sudah memasuki daily traffic rank, yang artinya situs ini mulai sekelas dengan website besar dengan alexa dibawah 100.000.
Laporan grafik Traffic Graphs di Alexa menunjukkan bahwa Cara Ririn sejak juli hingga desember 2013 terekam memiliki perkembangan yang sangat pesat.  Berdasarkan hitungan analisis Website Price di internet,  Certivicate Value untuk Cara Ririn adalah sebesar $71.533.  Jika tidak dihapus oleh google, tidak menutup kemungkinan Cara Ririn bisa menjadi salah satu blog terbaik di Indonesia.
Mountain View, CA - December/21/13
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
12 Komentar untuk "Apa Penyebab Blog Terkenal Cara Ririn di Hapus Google?"

Cara Ririn memang blog dengan Alexa Rank terseksi.. :D

@Sebilas Inpo yoi mas brow tapi sayang ko ke hapus ma mbah google

Berarti uniqe content dan blog populer tidak menjamin akan disayang google ya mas. lalu berapa banyak dong posting ideal sehari dan berapa banyak kmentar open ID sehari biar aman mas? thx share

bukan komentar si ririn di blog lain yang dianggap spam, tapi komentator di blog ririn yang dianggap spam. begitulah resiko jika alexa ramping dan pr tinggi, selalu diincar para spammer, dan si ririn pun cuek aja dengan komentar2 di blognya walaupun komentarnya gak nyambung dengan postingannya. misal postingan tentang cara meningkatkan pagerank, masa komentarnya klinik tongfang :D

@Free SEO Tools hmm ia juga sih gan mgkin bgitu kejadiannya sehingga blog ririn di hapus oleh google, jadi dari sini harus juga ada kesadaran dari blogger lain yang cari backlink dari blog2 berpageran tingggi. harus juga mahami dengan kondosi tempat cari backlinknya

sebenarnya blog rririn yang dihapus blum punya pr gan, tp alexanya yang sangat ramping

@seotoolsoft ia gan alexa cukup ramping..tp yg membingungkan mengapa google menghapusnya

Lebih aman kalau mematuhi apa maunya google, baru deh di kasih rejeki oleh google. Mohon kunjungannya kawan di blog kami.

@Info KepegawaianHEEHEH btul skali itu gan....tanpa resiko

oh ternyata penyebabnya itu ya sob , emang bener - bener top blogs cara ririn itu..

lho berarti gak baik yah kalo pake open id gan?

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top