Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporan Praktek Instalasi Trial Booting Windows 7, Windows 8 & Linux

LAPORAN INDIVIDU
MK. TEK. INSTALASI PERAWATAN DAN PERB. KOMP.
PERCOBAAN VIII
A.   TUJUAN PERCOBAAN
Dalam percobaan ini, akan diujikan bagaimana Cara menginstal tiga system operasi dalam satu drive, yaitu windows 7, windows 8 dan linux
B.   TEORI DASAR
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Dual booting adalah gabungan dari dua system operasi dalam satu PC/Laptop yang bisa digunakan dengan Cara memilih booting pada saat computer turn On. Dual booting dapat dilakukan dengan Cara mengistal 2 buah system operasi dalam satu PC akan tetapi berbeda patisinya.
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
C.   ALAT DAN BAHAN
1.    Laptop
2.    CD system operasi windows 7
3.    CD system operasi windows 8
4.    CD system operasi Linux
D.   GAMBAR PERCOBAAN

E.   LANGKAH KERJA
1.    Lakukan instalasi windows 7 seperti pada laporan IV, sampai pada pembagian partisi.
2.    Pada pembagian partisi sediakan 3 buah partisi untuk system, dengan Cara klik unallocated partition, pilih new.
3.    Masukkan jumlah kapasitas partisi untuk windows 7 (dalam MB). Klik create
4.    Install windows 7 pada partisi yang telah dibuat tadi. Seperti pada gambar 154
5.    Lanjutkan instalasi windows 7 sampai selesai.
6.    Lakukan instalasi windows 8 seperti pada laporan V, sampai pada pembagian partisi.
7.    Pada pembagian partisi klik unallocated partition (sisa partisi yang dibagi tadi), pilih new.
8.    Masukkan jumlah kapasitas partisi untuk windows 8 (dalam MB) Kemudian create
9.    Install windows 8 pada partisi yang telah dibuat. (partisi yang berbeda dengan windows 7) Seperti pada gambar 156
10. Lanjutkan instalasi windows 8 sampai selesai.
11. Lakukan instalasi linux seperti pada laporan VII, sampai pada pembagian partisi.
12. Pada pembagian partisi klik unallocated partition, pilih add.
13. Masukkan jumlah kapasitas partisi, Pilih ext 4, dan pada mount point pilih “ / ” kemudian ok.
14. Install linux pada partisi yang telah dibuat. (partisi yang berbeda dengan windows 8 dan windows 7) seperti pada gambar 158
15. Lanjutkan instalasi linux sampai selesai.
16. Restart computer dan perhatikan hasilnya pada proses pemilihan boot.
F.    HASIL PENGAMATAN

Gambar 161.Pemilihan trial boot
G.   ANALISA DATA
                                             
Windows 7, windows 8 dan linux tidak bisa diinstall pada tempat yang sama atau pada partisi yang sama, hanya bisa diinstal jika masing – masing windows memiliki partisi sendiri.
H.   KESIMPULAN
Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Sedangkan Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Sedangkan Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Laporan Praktek Instalasi Trial Booting Windows 7, Windows 8 & Linux"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top