Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Trik Cara Percepat Kinerja dari Smartphone Anda Terbaru

Smartphone semakin mudah digunakan. Kemudahan ini membuat orang semakin banyak mengutak-atik smartphone mereka yang tanpa disadari justru memperlambat kinerjanya.

Kemudahan tersebut juga dibarengi dengan makin banyaknya fitur dan aplikasi di smartphone. Namun, umumnya pengguna tidak menyadari batas kemampuan maksimal smartphone mereka, dan terus memenuhinya dengan aplikasi yang justru memperlambat kinerjanya.

Dari aplikasi tersebut juga sering muncul masalah, seperti virus dan lainnya. Gangguan semacam ini otomatis akan membuat smartphone menjadi lebih lambat dari kemampuan aslinya.

1. Update firmware

Tiap produsen umumnya menyediakan satu kali update firmware dari tiap produk smartphone. Update ini akan memperbaiki beberapa lag, bug dan masalah lainnya yang mungkin tidak disadari Anda.

Memperbarui firmware akan memastikan smartphone Anda berada dalam performa terbaiknya.

2. Instal ulang (factory reset)

Factory reset adalah menginstal ulang smartphone dan mengembalikan segala sesuatunya seperti kondisi sebelumnya, atau seperti kondisi baru.

Ini adalah pilihan yang dimungkinkan jika tidak ada data sensitif yang penting di smartphone Anda. Namun Anda bisa melakukan back-up terlebih dahulu untuk memastikan data-data tersebut tetap tersimpan aman.

3. Perhatikan kapasitas memori internal

Kapasitas rendah di memori internal mungkin menjadi alasan utama mengapa smartphone Anda menjadi lambat.

Biasakan menyimpan media seperti gambar, file mp3, video, aplikasi dan lainnya di memori eksternal, biasanya SD Card, jika memang dimungkinkan.

4. Pilih aplikasi dan antivirus terbaik

Pilih dan pasang aplikasi serta antivirus terbaik di smartphone Anda. Jangan pernah menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak jelas, karena bisa saja berisi malware.

Instal jenis aplikasi yang berguna untuk smartphone seperti task killer, start up manager, cache cleaner, dan lainnya.

Biasakan selalu menghapus aplikasi yang dirasa jarang dipakai atau sudah tidak dibutuhkan lagi, dan hanya gunakan cukup satu antivirus saja.

5. Restart smartphone

Ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk mempercepat kinerjanya. Ketika kinerja smartphone berada pada titik maksimal dan menjadi semakin lambat, restart adalah cara termudah untuk 'menyegarkan' smartphone Anda.

6. Jangan gunakan wallpaper animasi

Wallpaper animasi memang membuat smartphone Anda terlihat keren, namun ini sedikit banyak akan berpengaruh pada proses kinerjanya dan juga daya tahan baterai.

7. Hapus pesan dan email

Malas menghapus pesan dan email nampaknya menjadi penyakit utama dari pengguna ponsel. Padahal, penuhnya pesan dan email merupakan salah satu faktor utama dari lambatnya kinerja smartphone.

8. Tutup aplikasi dan fungsi yang tidak digunakan

Kita seringkali membuka sejumlah aplikasi dan fungsi smartphone secara bersamaan, dan membiarkannya terbuka terus menerus. Hal ini bisa memenuhi proses memori Anda dan memperlambat serta mengganggu kinerja smartphone secara keseluruhan.
Inilah gunanya fungsi task manager dan juga aplikasi seperti task killer.

9. Lakukan Rooting atau Jailbreaking

Rooting dan Jailbreaking akan membebaskan Anda menggunakan smartphone Anda dengan aplikasi yang lebih mumpuni, mengkustom ROM, prosesor yang bisa di overclock, dan lainnya.

Meskipun prosesnya cukup berisiko, namun Anda akan mendapat banyak manfaat lebih dari smartphone Anda dengan melakukannya.
Kekurangannya adalah potensi batalnya garansi dari smartphone. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan kembali melakukan unroot.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Tips Trik Cara Percepat Kinerja dari Smartphone Anda Terbaru"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top