GAMBARA UMUM TEORI
MUSABAQAH SYARHIL QUR’AN [MSyQ]
A. Secara Umum Tentang Teks.
1. Bagian Muqaddimah.
a. Kefasihan Bacaan
Salam
b. Kefasihan Bacaan Muqaddimah
;
1) Hamdalah
2) Shalawat dan Salam Terhadap
Nabi
c. Kebenaran Bacaan
Muqaddimah
d. Mensifati Hamdalah Atau
Menyebut Dalil al-Qur’an dan al-Hadits
e. Mensifati Hamdalah
Dengan Topik yang Ada
f. Ungkapan Sapaan
Kepada Audiens (Jama’ah)
g. Mengemukakan Latar Belakang
/ Pengantar Pembahasan
2. Bagian Isi.
a. Menjelaskan Konsep
Utama Dalam Ayat
b. Relevansi Ayat Dengan Isi
c. Mengemukakan Maksud
Ayat Secara Global
d. Kefasihan Dalam Membaca
Istilah Yang Berbahasa Asing
e. Menyebutkan Rujukan
Bacaan
f. Memperkaya
Analisis Dengan Dalil Al-Qur’an, Hadits, Peribahasa dan Sya’ir
g. Menuangkan Asbab An-Nuzul
Ayat dan Asbab al-Wurud Hadits
h. Menunjukkan Isi Ayat Dengan
Problem Kekinian Yang Dihadapi Jama’ah
i. Memberikan
Contoh
3. Sistematika Penggunaan Bahasa.
a. Pendekatan Deduktif (
Umum Ke Khusus )
b. Pendekatan Induktif (
Khusus Ke Umum )
c. Bergantian Deduktif
dan Induktif
d. Penggunaan Bahasa Yang
Baik, Benar, dan Etis
B. Secar Umum Tentang Intonasi, Aksentuasi, Gaya dan Mimik.
- Intonasi dan Aksentuasi.
a. Menanjak
b. Menurun
c. Bergantian Menanjak
Dan Menurun
d. Datar
e. Kesesuaian Volume
Suara Dengan Maksud Isi Khutbah
f. Daya Tarik
Persuasif (bersifat membujuk secara halus agar menjadi yakin)
2. Gaya dan Mimik ;
a. Kesatuan Yang Utuh
(Integritas) Antara Laga Dalam Penampilan Yang Memancarkan Kewibawaan Dan
Kejujuran
b. Model Tampilan Pakaian Yang
Dikenakan
c. Keserasian Tampilan
Gerak Bahasa Tubuh Dengan Maksud Isi Paparan Khutbah
d. Ekspresi Kejiwaan
e. Daya Tarik Persuasif
(bersifat membujuk secara halus agar menjadi yakin)
C. Evaluasi Khutbah Dalam Latihan.
1. Bertanya Dengan Orang yang
Mendengarkan
2. Rekaman Suara
Advertisement
Loading...