RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PLS
1.
Nama kelompok belajar : Paket C Mandiri
2.
Program :
IPS
3.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
4.
Tingkat :
VI (enam)
5.
Derajat :
Mahir 2
6.
Kelas (setara) : IX (kelas 2 SMU)
7.
Semester :
I (satu)
8.
Standar kompetensi :
Memahami kehidupan social manusia
9.
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi interaksi sebagai proses social
10.
Alokasi waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
11. Indicator :
1. Menjelaskan
defenisi interaksi social.
2. Menjelaskan
tentang proses social.
3. Menyebutkan
ciri-ciri interaksi social.
4. Menjelaskan
factor-faktor interaksi social.
5. Mendeskripsikan
syarat-syarat interaksi social.
12. Tujuan pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
pengertian interaksi social.
2. Menjelaskan
tentang proses social.
3. Menjelaskan
factor-faktor social.
4. Menjelaskan
ciri-ciri interaksi social.
5. Menjelaskan
syarat-syarat interaksi social.
6. Menyebutkan
macam-macam kontak social.
7. Menjelaskan
komponen-komponen komunikasi.
13. Materi pokok :
1. Pengertian
interaksi social.
2. Proses
social.
3. Ciri-ciri
interaksi social.
4. Factor-faktor
interkasi social.
5. Syarat-syarat
interaksi social.
14. Model pembelajaran :
Model KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
15. Metode pembelajaran :
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Berkelompok
4. Tugas
mandiri
16. Scenario pembelajaran :
1. Pertemuan
1-2
No.
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KET.
|
1.
|
Kegiatan awal
a.
Apresiasi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, menanyakan
kabar siswa dan lain-lain).
b.
Memotivasi
Guru
memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu interaksi sebagai proses social.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
PD mendengarkan penjelasan dari
guru tentang pengertian interaksi sebagai proses social.
b.
PD menyimak dan dihadapkan pada
permasalahan yang akan dibahas tentang interaksi dan komponen-komponen yang
ada di dalamnya.
c.
PD berdiskusi tentang interaksi
sebagai proses social dan komponen-komponen didalamnya.
|
60 menit
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
a.
Refleksi akhir
Guru
menyimpulkan atau menjelaskan kembali materi yang belum dipahami PD.
b.
Penugasan
Guru
memberikan tugas mandiri kepada PD.
|
20 menit
|
2. Pertemuan
3-4
Dst…..
17. Media pembelajaran :
1. Papan
tulis
2. Lembar
soal
18. Sumber pembelajaran :
1. Guru
bidang studi IPS
2. Buku
IPS SMA Kelas XI
3. Buku
penunjang, LKS, dsb.
19. Penilaian :
A. Teknik penilaian
a. Penilaian
unjuk kerja
b. Penilaian
sikap
c. Penilaian
fortopolio
B. Bentuk instrument
Salah satu bentuk instrument
penilaian yaitu penilaian kelompok
PENILAIAN UNJUK KERJA
Kelompok : …………
Kelas : XI
Anggota :
No.
|
Tugas yang Harus Dikerjakan
|
Diselesaikan Tanggal
|
Ket.
|
Paraf Guru
|
1.
|
Mencari artikel dan buku-buku
referensi mengenai kontak social yang bersifat negative dan positif
|
|||
2.
|
Menganalisis hasil referensi
|
|||
3.
|
Membuat makalah dari Bab I, Bab II,
Bab III
|
|||
4.
|
Penyerahan hasil
|
C. Instrument soal
a. Pilihan
ganda
b. Essay
tes
-
Contoh soal pilihan ganda
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,
b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!
1. Interaksi
social sebagai bentuk yang tampak apabila orang per orang atau kelompok manusia
itu mengadakan hubungan satu dengan yang lain. Definisi ini menurut ….
a. Prof.
Dr. Koentjaraningrat
b. Prof.
Soerjono Soekanto, S.H.M.A.
c. Prof.
Dr. Selo Sumarjan
d. Kimball
Young
e. Roucek
and Warren
2. Kemampuan
untuk merasa diri seolah-olah dalam keadaan orang lain, ikut merasakan apa yang
dialami atau diderita oleh orang lain disebut …..
a. Simpati
b. Mediasi
c. Empati
d. Imitasi
e. Sugesti
3. Ada
kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan
pihak lain disebut ….
a. Imitasi
b. Sugesti
c. Simpati
d. Empati
e. Identifikasi
4. Dst……..
-
Contoh soal essay
II.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan
singkat dan benar!
1. Mengapa
manusia hidup memerlukan interaksi social?
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan poses social?
3. Jelaskan
komponen-komponen dalam komunikasi?
4. Dst….
D. Kunci jawaban
a. Pilihan
ganda
1. b.
Prof. Soerjono Soekanto, S.H.M.A
2. a.
Simpati
3. b.
Sugesti
4. dst….
b. Essay
1. Karena
manusia membutuhkan banyak hal dalam hidupnya semua kebutuhan hidup manusia
dapat terpenuhi dengan jalan mengadakan hubungan social.
2. Proses
social merupakan pengaruh timbale balik antara berbagai segi kehidupan
masyarakat, misalnya pengaruh timbale balik antara kehidupan politik dengan
kehidupan ekonomi atau anatarkehidupan hokum dengan kehidupan agama.
3. Komponen
dalam komunikasi yaitu:
1) Pengirimpesan
atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak
lain.
2) Penerima
pesan atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak
lain.
3) Pesan
(message) adalah maksud atau isi yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada
pihak lain dapat berupa informasi, instruksi, perasaan dan sebagainya.
4) Umpan
balik (feed back) adalah tanggapan dari penerima pesan atas isi pesan yang
disampaikan, berupa perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan
pesan dari komunikator dan memahami atau mengerti pesan yang dimaksud oleh
pengirim pesan.
4. Dst….
E. Pedoman penskoran
Penilaian
unjuk kerja perlu mempertimbangkan hal-hal berikut; (1) Langkah-langkah kinerja
yang diharapkan dilakukan PD untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompetensi
(2) Kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai, (3) Kemampuan-kemampuan
khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, (4) Kemampuan yang akan
dinilai tidak terlalu banyak, sehingga mudah diamati, (5) Kemampuan yang akan
dinilai diurutkan berdasarkan urutan yang akan diamati. Untuk mengamati unjuk
kerja siswa dapat menggunakan alat atau instrumen berikut:
No.
|
Unsur yang
Dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Mencari artikel dan buku-buku
referensi mengenai kontak social yang bersifat negative dan positif
|
|||||
2.
|
Menganalisis hasil referensi
|
|||||
3.
|
Membuat makalah dari Bab I, Bab II,
Bab III
|
|||||
4.
|
Laporan lengkap
|
Skor maksimal adalah 10 x 5 = 50
Criteria penilaian dapat dilakukan
sebagai berikut:
1.
Jika PD memperoleh skor 45-49 dapat
ditetapkan sangat baik.
2.
Jika PD memperoleh skor 35-44 dapat
ditetapkan baik
3.
Jika PD memperoleh skor 30-34 dapat
ditetapkan cukup baik
4.
Jika PD memperoleh skor kurang dari 30
dapat ditetapkan kurang
20. Daftar Pustaka :
Supani,
S.Pd. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial.
Citra Pustaka. Jakarta.
Pengelola guru
mata pelajaran
( ) ( )
Advertisement
Loading...