Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Resensi Buku Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP

Tugas Individu
MK. Media Pembelajaran

RESENSI BUKU
PERENCANAAN SISTEM PEMBELAJARAN
KTSP



O L E H :

MUHAMMAD TASBILLAH
102514015
S 1


JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang  Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan resensi buku “ Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ” ini dengan baik tanpa ada halangan.
    Resensi buku ini disusun untuk melengkapi tugas mata kulia Belajar dan Pembelajaran.
Kami berharap semoga resensi buku Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan menjadi referensi untuk menambah pengetahuan di bidang pendidikan Khususnya Perencanaan Sistem Pembelajaran.
Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan resensi ini jauh lebih baik lagi. Saya mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan resensi ini.

Penulis





Daftar Isi
Sampul    1
Kata Pengantar    2
Daftar Isi    3
Pendahuluan    4
Pembahasan    4
Uraian Singkat    4
Pembahasan    5
Isi Buku    5
Kelebuhan dan kekurangan buku    5
Penutup    6
Kesimpulan    6
Lampiran    8









Pendahulauan
Judul Buku
Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Penulis
Dr. Kasful Anwar Us, M. Pd.
Hendra Harmi, S.Ag., M. Pd.
Uraian Singkat
    Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, sturuktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Buku ini dapat di jadikan sebagai referensi terutama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam mata kuliah Perencanaan Sistem Pembelajaran pada UIN, IAIN dan STAIN di ingkungan Kementrian Agama dan pihak-pihak lain (lembaga pendidikan umum) yang berhubungan dengan kepentingan materi Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP.


Pembahasan
Isi Buku
Kelebihan  dan Kekurangan Buku
Buku ini mencakup  tentang kurikulum yang tujuannya meliputi  pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi dareah, satuan pendidikan  dan peserta didik. Selain itu mencakup tentang kurikulum KTSP yaitu kurikuluk operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Di dalam buku dilengkapi dengan landasan-landasanpenerapan KTSP yaitu:
UUD RI NO. 20 Thn 2003 tentang sistim pendidikan
PPRI NO. 19 Thn 2005 tentang standar nasional pendidikan
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional
Di dalam buku ini terdapat pengembangan mengenai silabus. yaitu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajarandengan tema tertentu, yang mencakup standart komptetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
Di dalam buku ini terdapat cara-cara menganalisis karakteristik siswa dan manfaat memahami karakteteristik siswa. Seorang guru dalam melakukan proses perencanaan pembelajaranperlu memahami tentang karakteristik dan kemampuan awal yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi siswa dari segi kebutuhandan karakteristik untuk menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku.
Rumusan dan penjabaran dari proses pengembangan standart kompetensi dan kompetensi dasar tertuang dalam rumusan silabus
Metode pembelajaran adalah cara untuk teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan digunakan guru pada saat menyajikan pembelajaran
Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran, dimulai dari mencantumkan identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satuan kesatuan.
Kekurangan buku ini yaitu hanya di khususkan untuk referensi bagi mahasiswa di bidang pendidikan agama saja
Manfaat dan fungsi media dalam pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar media pembelajaranadalah alat bantu, baik berupa alat elektronik, gambar, peraga, buku, dan lain-lain

Penutup
1. Kesimpulan
    Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah krikulum opersional yang disusun oleh da dilaksanakan masing-masing satuan pendidikan yang memiliki beberapa landasan pendidikan
    Dalam konteks pelaksanaan kurikulum, hasil penilaian dapat diamati melalui indikator-indikator yang ter-cermin dalam rangkaian kegiatan pembelajaran, se-bagai bentuk implementasi kurikulum.
    Untuk melihat sejauhmana keberhasilan dari implemen-tasi kurikulum, sudah barang tentu membutuhkan waktu dan proses, karena hasil dari suatu proses pembelajaran merupakan rangkaian ke-giatan yang terus menerus dan panjang.

Baca juga artikel UURI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "Resensi Buku Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top