Tugas Individu
MK. Media Pembelajaran
RESENSI BUKU
O L E H :
MUHAMMAD TASBILLAH
102514015
S 1
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
Resensi buku ini disusun untuk melengkapi tugas mata kulia Belajar dan Pembelajaran.
Kami berharap semoga resensi buku Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan menjadi referensi untuk menambah pengetahuan di bidang pendidikan Khususnya Perencanaan Sistem Pembelajaran.
Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan resensi ini jauh lebih baik lagi. Saya mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan resensi ini.
Penulis
Daftar Isi
Sampul 1
Kata Pengantar 2
Daftar Isi 3
Pendahuluan 4
Pembahasan 4
Uraian Singkat 4
Pembahasan 5
Isi Buku 5
Kelebuhan dan kekurangan buku 5
Penutup 6
Kesimpulan 6
Lampiran 8
Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Penulis
Dr. Kasful Anwar Us, M. Pd.
Hendra Harmi, S.Ag., M. Pd.
Uraian Singkat
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, sturuktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Buku ini dapat di jadikan sebagai referensi terutama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam mata kuliah Perencanaan Sistem Pembelajaran pada UIN, IAIN dan STAIN di ingkungan Kementrian Agama dan pihak-pihak lain (lembaga pendidikan umum) yang berhubungan dengan kepentingan materi Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP.
Kelebihan dan Kekurangan Buku
Buku ini mencakup tentang kurikulum yang tujuannya meliputi pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi dareah, satuan pendidikan dan peserta didik. Selain itu mencakup tentang kurikulum KTSP yaitu kurikuluk operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Di dalam buku dilengkapi dengan landasan-landasanpenerapan KTSP yaitu:
UUD RI NO. 20 Thn 2003 tentang sistim pendidikan
PPRI NO. 19 Thn 2005 tentang standar nasional pendidikan
Di dalam buku ini terdapat cara-cara menganalisis karakteristik siswa dan manfaat memahami karakteteristik siswa. Seorang guru dalam melakukan proses perencanaan pembelajaranperlu memahami tentang karakteristik dan kemampuan awal yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi siswa dari segi kebutuhandan karakteristik untuk menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku.
Rumusan dan penjabaran dari proses pengembangan standart kompetensi dan kompetensi dasar tertuang dalam rumusan silabus
Metode pembelajaran adalah cara untuk teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan digunakan guru pada saat menyajikan pembelajaran
Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran, dimulai dari mencantumkan identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satuan kesatuan.
Kekurangan buku ini yaitu hanya di khususkan untuk referensi bagi mahasiswa di bidang pendidikan agama saja
Manfaat dan fungsi media dalam pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar media pembelajaranadalah alat bantu, baik berupa alat elektronik, gambar, peraga, buku, dan lain-lain
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah krikulum opersional yang disusun oleh da dilaksanakan masing-masing satuan pendidikan yang memiliki beberapa landasan pendidikan
Dalam konteks pelaksanaan kurikulum, hasil penilaian dapat diamati melalui indikator-indikator yang ter-cermin dalam rangkaian kegiatan pembelajaran, se-bagai bentuk implementasi kurikulum.
Untuk melihat sejauhmana keberhasilan dari implemen-tasi kurikulum, sudah barang tentu membutuhkan waktu dan proses, karena hasil dari suatu proses pembelajaran merupakan rangkaian ke-giatan yang terus menerus dan panjang.
Baca juga artikel UURI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
MK. Media Pembelajaran
RESENSI BUKU
PERENCANAAN SISTEM PEMBELAJARAN
KTSP
O L E H :
MUHAMMAD TASBILLAH
102514015
S 1
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan resensi buku “ Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ” ini dengan baik tanpa ada halangan.Resensi buku ini disusun untuk melengkapi tugas mata kulia Belajar dan Pembelajaran.
Kami berharap semoga resensi buku Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan menjadi referensi untuk menambah pengetahuan di bidang pendidikan Khususnya Perencanaan Sistem Pembelajaran.
Oleh karena itu, kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan resensi ini jauh lebih baik lagi. Saya mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan resensi ini.
Penulis
Daftar Isi
Sampul 1
Kata Pengantar 2
Daftar Isi 3
Pendahuluan 4
Pembahasan 4
Uraian Singkat 4
Pembahasan 5
Isi Buku 5
Kelebuhan dan kekurangan buku 5
Penutup 6
Kesimpulan 6
Lampiran 8
Pendahulauan
Judul BukuPerencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Penulis
Dr. Kasful Anwar Us, M. Pd.
Hendra Harmi, S.Ag., M. Pd.
Uraian Singkat
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, sturuktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Buku ini dapat di jadikan sebagai referensi terutama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam mata kuliah Perencanaan Sistem Pembelajaran pada UIN, IAIN dan STAIN di ingkungan Kementrian Agama dan pihak-pihak lain (lembaga pendidikan umum) yang berhubungan dengan kepentingan materi Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP.
Pembahasan
Isi BukuKelebihan dan Kekurangan Buku
Buku ini mencakup tentang kurikulum yang tujuannya meliputi pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi dareah, satuan pendidikan dan peserta didik. Selain itu mencakup tentang kurikulum KTSP yaitu kurikuluk operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Di dalam buku dilengkapi dengan landasan-landasanpenerapan KTSP yaitu:
UUD RI NO. 20 Thn 2003 tentang sistim pendidikan
PPRI NO. 19 Thn 2005 tentang standar nasional pendidikan
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional
Di dalam buku ini terdapat pengembangan mengenai silabus. yaitu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajarandengan tema tertentu, yang mencakup standart komptetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.Di dalam buku ini terdapat cara-cara menganalisis karakteristik siswa dan manfaat memahami karakteteristik siswa. Seorang guru dalam melakukan proses perencanaan pembelajaranperlu memahami tentang karakteristik dan kemampuan awal yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi siswa dari segi kebutuhandan karakteristik untuk menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku.
Rumusan dan penjabaran dari proses pengembangan standart kompetensi dan kompetensi dasar tertuang dalam rumusan silabus
Metode pembelajaran adalah cara untuk teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan digunakan guru pada saat menyajikan pembelajaran
Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran, dimulai dari mencantumkan identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satuan kesatuan.
Kekurangan buku ini yaitu hanya di khususkan untuk referensi bagi mahasiswa di bidang pendidikan agama saja
Manfaat dan fungsi media dalam pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar media pembelajaranadalah alat bantu, baik berupa alat elektronik, gambar, peraga, buku, dan lain-lain
Penutup
1. KesimpulanKurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah krikulum opersional yang disusun oleh da dilaksanakan masing-masing satuan pendidikan yang memiliki beberapa landasan pendidikan
Dalam konteks pelaksanaan kurikulum, hasil penilaian dapat diamati melalui indikator-indikator yang ter-cermin dalam rangkaian kegiatan pembelajaran, se-bagai bentuk implementasi kurikulum.
Untuk melihat sejauhmana keberhasilan dari implemen-tasi kurikulum, sudah barang tentu membutuhkan waktu dan proses, karena hasil dari suatu proses pembelajaran merupakan rangkaian ke-giatan yang terus menerus dan panjang.
Baca juga artikel UURI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Advertisement
Loading...