Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah, Defenisi, Bagian - Bagian dan Fungsi Elektronika

Sejarah, Defenisi, Bagian - Bagian dan Fungsi Elektronika - Dalamkehidupan sehari-harikita banyakmenemui suatualat yangmengadopsi elektronikasebagai basis teknologinyacontoh;Dirumah,kita sering melihat televisi, mendengarkanlagumelaluitape atauCD,mendengarkanradio,berkomunikasi dengan telephone.Dikantorkita menggunakankomputer, mencetak dengan printer,mengirimpesan denganfaximile,berkomunikasi dengantelephone. Dipabrikkitamemakai alatdeteksi, mengoperasikanrobot perakit,dan sebagainya.Bahkandijalanraya kita bisamelihat lampu lalu-lintas,lampupeneranganjalanyang secaraotomatishidupbila malamtiba,ataupapan reklameyangterlihatindahberkelap-kelipdanmasihbanyakcontohyanglainnya.Dari semua uraiandiataskita dapatmembuktikanbahwapada zaman sekarangini kita tidakakan lepasdariperangkatyangmenggunakanelektronikasebagaidasarteknologinya.Alat-alat yang menggunakandasarkerjaelektronika sepertidiatasbiasanyadisebut sebagaiperalatan elektronik (electronic devices)

Elektronikamerupakanilmuyangmempelajarialatlistrik arus lemahyang dioperasikandengan caramengontrol aliranelektron ataupartikelbermuatanlistrikdalam suatualat sepertikomputer,peralatanelektronik,termokopel,semikonduktor,danlain sebagainya.Ilmuyang mempelajari alat-alatsepertiinimerupakan cabangdariilmufisika,sementarabentukdesaindanpembuatansirkuit elektroniknya adalahbagiandariteknikelektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.
Revolusi besar-besaranterhadapelektronika terjadi sekitartahun1960-an,dimana saat itu    mulai    ditemukan    suatu    alat    elektronika    yang    dinamakan    Transisor,    sehingga dimungkinkanuntuk membuat suatualat denganukuranyangkecil dimanasebelumnyaalat- alat tersebutmasih menggunakan tabung-tabungfacum yangukurannyabesar serta mengkonsumsi listrikyangbesar.Hanya dalam kurun waktu10 tahun sejakditemukannya transistor, ditemukan sebuah rangkaian terintegrasi yang dikenal dengan IC ( Integrated

Circuit )merupakan sebuahrangkaian terpaduyangberisi puluhanbahkanjutaan transistordi dalamnya. Sehingga kitabisa melihatsebuahperangkat elektronika semakinkecilbentuknya tetapisemakin banyak fungsinya sebagaicontoh telephonegenggam( Handphone) yang anda pakaisaatinidengan telephonegenggamyang anda pakaibeberapatahunyanglalu. Yah semuaituberkatrevolusiSilikonsebagaibahandasarpembuatanTransistordanICatau
CHIP.

Elektronikamempunyai2 komponen diantaranya yaitu :

1.   Komponen Pasif

Komponenpasif merupakankomponenyangdapatbekerjatanpa sumber tegangan. Komponen pasif terdiridariHambatan atau tahanan, kapasitor atau kondensator, induktoratau kumparan dan transformator.
2.   Komponen Aktif

Komponen aktif merupakan komponen yang tidak dapat bekerja tanpa adanyasumber tegangan. Komponen aktif terdiridaridioda dan transistor.
Pada pembuatanrangkaianelektronika diperlukanperalatan(seperti Obeng,tang,bor dan  sebagainya) dan juga papan sirkuit yang digunakan untuk tempat menempelnya komponen elektronika (sepertiPCB, Wishboard, dan sebagainya).

BABII

TEORI DASAR

Atom
Atomadalah satuan yang amatkecildalamsetiap bahan yang adadisekitar kita. Atom terdiri atastiga jenispartikelsubatom:

elektron, yang memilikimuatan negatif;
proton, yang memilikimuatan positif;
netron, yang tidak bermuatan.

Setiap unsuradalah unik yang dibedakan oleh jumlah proton yang terdapatdalam atom dariunsur tersebut. Setiap atom memiliki jumlah elektron yang sama dengan jumlah proton;bila adaperbedaan atomtersebut disebution.

Gambar2. Model Atom

Banyak unsur lain yang diciptakan manusia, namun mereka biasanya tidak stabildan dengan spontan berubah menjadiunsur kimia naturalyang stabilmelaluiprosesradioaktifitas.

Meskipun hanya terdapat91 unsur dialam, tetapiatom-atom tersebutdapatterjadiikatansatu samalain menjadimolekuldan jenis senyawa kimia lainnya. Molekulterbentuk daribanyak atom. Molekulair merupakan kombinasidari2 atomhidrogen dan 1 atom oksigen.

Intiatom
Pusatdariatomdisebutintiatom atau nukleus. Intiatomterdiridariproton dan neutron. Banyaknya proton dalamintiatomdisebutnomor atom, dan menentukan berupaelemenapakah atom itu.

Ukuran intiatomjauh lebih kecildariukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dariproton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron.
Proton dan netron memiliki massa yang hampir sama, dan jumlah darikedua massa tersebutdisebutnomor massa, dan beratnya hampir samadengan. Massadari elektron sangat kecildan tidak menyumbang banyak kepadamassaatom.
Jumlah proton dan netron menentukan tipe darinukleusatau intiatom. Proton dan neutron hampir memilikimassayang sama, dan kombinasijumlah, jumlah massa, rata-rata sama dengan massa atomik sebuah atom. Kombinasi massa darielektron sangatkecilsecara perbandingan terhadap massa nukleus, dikarenakan beratdariproton dan neutron hampir
2000 kalimassa elektron.

Neutron
Neutron atau netron adalah partikelsubatomik yang tidak bermuatan (netral) dan memilikimassa 1.6749 ×10-27kg, sedikitlebih beratdariproton. Inti atomdarikebanyakanatom terdiridariproton dan neutron.

Perbedaan utamadarineutron dengan partikelsubatomiklainya adalah mereka tidak bermuatan. Sifatnetron ini membuatpenemuannya lebih terbelakang, dan sangatmenembus, membuatnyasulitdiamatisecaralangsung dan membuatnya sangatpenting sebagai agen dalamperubahan nuklir.

Proton
Dalamfisika,protonadalah partikelsubatomik dengan muatan positif sebesar 1.6 ×

10-19 coulomb dan massa 1.6726231 ×10-27 kg, atau sekitar 1800 kalimassasebuahelektron.
Suatu atombiasanya terdiridarisejumlah proton dan netron yang berada dibagian inti (tengah) atom, dan sejumlah elektron yang mengelilingiintitersebut. Dalam atombermuatan netral, banyaknyaproton akan sama dengan jumlah elektronnya. Banyaknya proton dibagian intibiasanyaakan menentukan sifatkimia suatu atom. Inti atomsering dikenaljuga dengan istilah nuklei, nukleus,atau nukleon (bhsInggris:nucleon), dan reaksiyang terjadi atau berkaitan dengan intiatominidisebutreaksinuklir.

Elektron
Elektron adalah partikel subatomik. Memilikimuatan listrik negatif sebesar -1.6 ×10-

19coulomb, dan massanya 9.10 ×10-31kg.
Elektron umumnya ditulis sebagaie-. Elektron memilikipartikellawan yang dikenal sebagaipositron, yang identik dengan dirinya namun bermuatan positif.

Atomtersusun dariintiberupaproton danneutronserta elektron-elektron yang mengelilingiintitadi. Elektron sangatringan jika dibandingkan dengan proton dan neutron. Sebutir proton sekitar 1800 kalilebih beratdaripada elektron.

Sejarah
Elektron pertama kaliditemukan oleh J.J. Thomson diLaboratoriumCavendish, UniversitasCambridge, pada tahun 1897, pada saatbeliau sedang mempelajari"sinar katoda".

ArusListrik
Jika elektron bergerak, lepasbebasdaripengaruh intiatom, serta terdapatsuatu aliran (netflow), aliran inidikenalsebagaiaruslistrik. Inidapatdibayangkan sebagaiserombongan dombayang bergerak bersama-samake utaranamun tanpa diikutioleh penggembalanya. Muatan listrik dapatdiukur secara langsung menggunakan elektrometer.Arus listrik dapat diukur secara langsung menggunakan galvanometer.

Apa yang dikenaldengan "listrik statis" bukanlah aliran elektron sama sekali. Ini lebih tepatdisebutsebagaisebuah "muatan statik", mengacu pada sebuah benda yang memiliki
lebih banyak atau lebih sedikit elektron daripada yang dibutuhkan untuk mengimbangi muatan positif sang inti. Jika terdapatkelebihan elektron, makabenda tadidikatakan sebagai "bermuatan negatif". Jikaterdapatkekurangan elektron dibanding proton, benda tersebut dikatakan "bermuatan positif". Jikajumlah elektron dan proton adalah sama, bendatersebut dikatakan "netral".

Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melaluikabel atau penghantarlistrik lainnya. Sehingga dapatdirumuskan menjadi:

Pada zaman dulu, Aruskonvensionaldidefinisikan sebagaialiran muatan positif, sekalipun kitasekarang tahu bahwaaruslistrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif kearah yang sebaliknya. Satuan SI untuk aruslistrik adalah ampere (A).

Muatanlistrik
Muatan listrik, Q, adalah pengukuran muatan dasar yang dimilikisuatu benda. Satuan Qadalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018muatan dasar. Qadalah sifatdasar yang dimilikioleh materibaik itu berupaproton(muatan positif) maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik totalsuatu atom atau materiinibisa positif, jikaatomnya kekurangan elektron. Sementara atomyang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Besarnyamuatan tergantung darikelebihan atau kekurangan elektron ini, oleh karenaitu muatan materi/atom merupakan kelipatan darisatuan Qdasar. Dalamatomyang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya(membentuk muatan totalyang netral atau tak bermuatan).
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
2 Komentar untuk "Sejarah, Defenisi, Bagian - Bagian dan Fungsi Elektronika"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top