Implikasi Pendekatan Pembelajaran Dalam Praksis Pembelajaran
.
Pendekatan Langsung
Pendekatan
langsung terdiri dari empat tahap pembelajaran :
a. Tahap
Presentasi
Ada lima metode
pembelajaran penting yang harus digunakan selama tahap presentasi pembelajaran
langsung: (1) review materi sebelumnya atau keterampilan awal yang diperlukan;
(2) pernyataan mengenai pengetahuan atau keterampilan khusus yang harus
dipelajari; (3) pernyataan atau pengalaman yang menyediakan siswa dengan
penjelasan tentang mengapa tujuan khusus ini penting; (4) yang jelas,
penjelasan pengetahuan atau keterampilan yang harus dipelajari, dan (5)
beberapa kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman awal mereka
menanggapi pemeriksaan guru.
b. Tahap
Latihan
Terdapat tiga metode pengajaran dalam tahap
latihan : (1) latihan terbimbing langsung dibawah pengawasan guru, (2) latihan
mandiri dimana siswa mengerjakan sendiri, dan (3) tinjauan berkala (sering dimasukkan
setiap hari dalam praktek dibimbing dan mandiri) dimana sebelumnya siswa
belajar memanfaatkan konten atau skills.
c. Tahap
Penilaian dan Evaluasi
Ada dua penilaian dan evaluasi pada
pembelajaran langsung yaitu (1) tes formatif, dan (2) tes sumatif.
d. Monitoring
dan Feedback
Pemantauan dilakukan pada tahap 1, 2 dan 3.
Jika diperlukan maka diberikan umpan balik agar proses presentasi, latihan dan
penilaian berjalan sesuai yang diharapkan.
2.
Pendekatan
Diskusi
a. Pembagian
tanggung jawab ;
Pembelajaran
diskusi harus menggeser pembelajaran
yang berpusat pada menjadi pendekatan yang berpusat pada tanggungjawab
belajar bersama antara guru dan siswa. Pembagian tanggungjawab ini tidak
berarti mengurangi peran guru dalam proses pembelajaran tetapi mengelola dan
mengarahkan interaksi antara guru-siswa dan siswa-siswa. Oleh karena itu harus
ada pengaturan peran dan tugas yang jelas.
3.
Pendekatan
Pengalaman
Ada
beberapa metode dalam pendekatan pengalaman dalam pembelajaran yaitu:
1. Framing
The Experience (Merangkaikan pengalaman)
·
Menetapkan tujuan atau hasil pembelajaran
·
Membicarakan kriteria penilaian
·
Membangun hubungan (teman sebaya,
guru,komunitas dan lingkungan)
2. Activating
experience (Menggerakkan Pengalaman)
§ Pengalaman
nyata
§ Membuat
keputusan hasil yang nyata
§ Orientasi
Masalah
§ Kesulitan
Optimal
3. Reflecting
on experience (Evaluasi/Penilaian dalam Pengalaman)
·
Fasilitas guru sebagai fasilitator
·
Membuat kelompok
·
Proses : Apa yang terjadi , mengapa itu
terjadi , apa yang telah dipelajarai dan bagaimana cara mengaplikasikannya.
4.
Pendekatan Berbasis Masalah
1. Pemilihan
masalah
PBI ini dirancang untuk mendukung pengembangan dan
penyempurnaan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal ini tidak cocok sebagai
strategi instruksional untuk mengajarkan keterampilan dasar. Pendekatan PBI
memerlukan pemilihan masalah yang pembelajar (bahkan pelajar muda) telah
memiliki pengetahuan, yang mereka peroleh dari pengalaman hidup, sehingga penerapan
pengetahuan ini dengan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian dan
pemecahan masalah dapat menghasilkan pemahaman lebih dalam.
2. Peran
guru.
Hal yang paling penting dalam keberhasilan pelaksanaan
FBI adalah kemampuan guru berfungsi sebagai fasilitator pembelajaran dan bukan
sebagai penyedia informasi atau materi.
3. Penilaian
autentik praktek untuk memvalidasi tujuan pembelajaran.
Penggunaan
penilaian autentik FBI, mempertimbangkan hal berikut:
·
Instruktur / guru harus sangat mengerti yang
dimaksud (atau antisipasi) hasil pembelajaran yang berkaitan dengan masalah
yang diajukan ke pelajar. Strategi penilaian yang digunakan harus selaras
dengan hasil yang diinginkan.
·
Penilaian sumatif dilakukan pada akhir siklus
pemecahan masalah. kelompok siswa dinilai berdasarkan pada solusi yang
ditawarkan mereka untuk memecahkan masalah tersebut.
·
Penilaian formatif dapat terjadi setiap saat
dalam siklus FBI. Barrows (1988) menunjukkan setelah peserta didik mengikuti
pembelajaran mereka diuji dengan menuliskan pengetahuan yang didapat pada
proses pemecahan masalah.
4. Gunakan
penjelasan ulang secara konsisten dan menyeluruh.
Beberapa
hal yang perlu dipertimbangkan oleh desainer instruksional adalah :
·
Tujuan dari proses pembekalan ini adalah
untuk membantu peserta didik untuk mengenali, verbalisasi, dan
mengkonsolidasikan apa yang telah mereka pelajari, dan untuk mengintegrasikan
informasi dengan pengetahuan yang ada.
·
Tugas guru adalah untuk memastikan suara yang
sama bagi semua peserta, jadi hati-hati untuk mendengarkan semua anggota dan
meminta semua anggota untuk mereka berpendapat dan bercommentar.
·
Ikuti tanya jawab didirikan protokol. Tahu
generik dan spesifik pertanyaan untuk diminta untuk memandu sesi tanya jawab.
Siapkan pertanyaan ide / topik untuk memastikan bahwa Anda (sebagai debriefer)
mengingat semua pembelajaran yang telah dibahas dalam kegiatan FBI.
·
Ajukan pertanyaan yang mendorong peserta
didik agar sesuai dengan pengetahuan baru ke dalam skema yang ada.
·
Dorong peserta didik untuk mendaftar apa yang
telah mereka pelajari dengan menggunakan peta konsep-menyediakan bahan-bahan
yang diperlukan.
5.
Pendekatan Simulasi
Secara umum desain pendekatan simulasi memiliki tujuh
prinsip umum, sebagai berikut :
a. Fungsi
Isi
Bagian
ini menjelaskan prinsip-prinsip untuk mengatur isi modul fungsional dari sebuah
pembelajaran simulasi. Konten Simulasi mengambil model yang dinamis replika
sistem nyata atau khayalan.
b. Fungsi
Strategi
Melibatkan
Desain strategi yang menggambarkan konteks pengaturan instruksional, pengaturan
sosial, tujuan, struktur sumber daya, dan acara yang diberikan.
c. Fungsi
Kontrol
Desain
simulasi fungsi menggambarkan sarana yang seorang pelajar dapat menyampaikan
pesan-pesan yang mempengaruhi terbukanya isi, strategi, atau unsur-unsur
dinamis lainnya dari pengalaman. Desain sistem kontrol sangat menantang karena tindakan belajar berlangsung
dalam konteks yang dinamis dan harus memanfaatkan pertukaran informasi dan
kontrol.
d. Fungsi
Pesan
Pesan Menghasilkan unit:
·
Prinsip: Pesan Elements
·
Prinsip: Pendekatan untuk Penataan pesan
·
Prinsip: Pelaksanaan-waktu Pembangunan pesan
e. Fungsi
Representasi
Fungsi representasi desain
simulasi adalah yang paling terlihat dan nyata. Desainnya melibatkan semua
unsur sensorik pengalaman simulasi-pemandangan, suara, sensasi taktil, dan
kinestetik sensasi. Fungsi representasi desain yang menggambarkan semua
pengalaman indrawi yang akan diadakan dan bagaimana mereka akan diintegrasikan
dan disinkronkan. Semua dijelaskan struktur titik ini untuk konten, strategi,
kontrol, dan pesan yang abstrak dan menjadi terlihat hanya melalui representasi
desain. Oleh karena itu, representasi adalah jembatan yang menghubungkan elemen
desain abstrak dengan simbolis tertentu elemen media.
f. Media-fungsi
logika
Media-melaksanakan fungsi
logika representasi dan melaksanakan operasi logis yang memungkinkan simulasi
peristiwa terjadi. Hal ini dapat juga mencakup perhitungan dan pengumpulan
data.
g. Fungsi
pengelolaan data
Mengelola data yang dihasilkan dari interaksi
Advertisement
Loading...