Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Program Pengajaran
Penyusunan
program pengajaran bertujuan agar pelaksanaan pengajaran berjalan lebih lancar
dan hasilnya lebih baik. Kurikulum, terutama perangkat pembelajarannya menjadi
acuan utama di dalam penyusunan atau perencanaan suatu program pengajaran, namun
kondisi sekolah dan lingkungan sekitar, kondisi siswa dan guru merupakan
hal-hal penting yang juga perlu diperhatikan
1. Kurikulum
Dalam perencanaan atau penyusunan
suatu program pengajaran, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kurikulum
terutama perangkat pembelajarannya. Dalam perangkat pembelajaran telah
tercantum Standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, tujuan
pembelajaran, indikator serta alokasi waktu untuk mengajar materi tersebut.
Dalam penyusunan program semester, rincian standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang akan diberikan, perlu juga memperhatikan waktu yang tersedia. Jika
waktu yang tersedia cukup banyak maka indikator yang akan disampaikan dapat
lebih banyak, tetapi jika waktu sedikit maka indikator yang akan diberikan
dibatasi. Demikian juga pada waktu menyusun bahan ajar dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), luasnya bahan dan banyaknya aktivitas belajar
perlu disesuaikan dengan waktu yang tersedia.
2. Kondisi Sekolah
Perencanaan program pengajaran juga perlu
memperhatikan keadaan sekolah, terutama tersedianya sarana-prasarana dan alat
bantu pelajaran, karena keduanya menjadi pendukung terlaksananya berbagai
aktivitas belajar siswa.
Guru tidak mungkin melaksanakan
kegiatan belajar mengajar dalam praktek menggunakan komputer apabila di sekolah
itu tidak tersedia computer. Demikian juga halnya guru tidak mungkin menyuruh
siswa-siswa mengadakan pengamatan terhadap tanaman, jika di sekolah/sekitar
sekolah tidak ada taman
3. Kemampuan dan perkembangan siswa
Dalam program pengajaran, baik program semester maupun program
mingguan/harian dapat dipandang sebagai suatu skenario tentang apa yang harus
dipelajari siswa dan bagaimana mempelajarinya. Agar materi dan cara belajar ini
sesuai dengan kondisi siswa, maka penyusunan program rencana pembelajaran perlu
disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa. Keluasan dan kedalaman
materi pelajaran serta aktivitas belajar yang direncanakan guru perlu
disesuikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa. Secara umum, siswa dalam
satu kelas terbagi atas tiga kelompok, yaitu kelompok pandai atau cepat
belajar, sedang dan kelompok kurang atau lambat belajar. Bagian yang terbanyak
adalah yang kelompok sedang, maka penyusunan materi hendaknya menggunakan
kriteria sedang ini. Untuk mengatasi variasi pengetahuan siswa, maka guru perlu
menggunakan metode atau strategi mengajar yang bervariasi pula.
4. Keadaan Guru
Guru dituntut memiliki kemampuan dalam segala hal yang berkenaan dengan
pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Kalau pada suatu saat seorang guru
memiliki kekurangan, maka ia dituntut untuk segera belajar/meningkatkan
kemampuan dirinya. Bagi guru-guru yang masih sangat sedikit pengalaman
mengajarnya, perlu mendapat perhatian dengan diikutkan dalam
pelatihan-pelatihan sehingga kemampuannya dapat ditingkatkan.
Advertisement
Loading...