-->
PHP Dev Cloud Hosting
 10 Gambaran Surga Dalam Mitologi Dunia

10 Gambaran Surga Dalam Mitologi Dunia

Banyak agama yang mengajarkan bahwa ketika kita meninggal maka surga atau neraka menjadi tempat manusia akan diadili atas segala dosa-dosa mereka di dunia. Namun ternyata di dunia ini baik dari agama ataupun kisah mitologi menggambarkan surga dalam berbagai macam gambaran. Berikut merupakan 10 gambaran surga dalam mitologi dunia.

10. Tlalocan - Mitologi Aztec

Tlalocan adalah gambaran surga dalam Mitologi Aztec
Bagi suku Aztec, pada umumnya tempat dimana mereka yang sudah meninggal akan pergi dinamakan Mictlan. Namun ada pengecualian jika ada kondisi tertentu yang berhasil dipenuhi seorang manusia selagi ia hidup, hal itu akan membuatnya dapat pergi ke surga yang lain yakni Tlalocan.
Tlalocan sendiri merupakan rumah dari Dewa Hujan Tlaloc dan merupakan rumah bagi mereka yang meninggal karena hujan, petir, berbagai macam penyakit kulit, atau menjadi kurban bagi para dewa. Tlalocan digambarkan sebagai tempat yang sangat tenang, dipenuhi oleh bunga, dan tarian, benar-benar gambaran tempat yang mengagumkan.

9. Gan Eden - Yudaisme

Gan Eden adalah gambaran surga dalam kepercayaan Yuhadi atau Yudaisme
Dalam bahasa Ibrani, Gan Eden dapat diartikan sebagai "Garden of Eden" atau "Taman Eden". Gan Eden ini sendiri merupakan tempat spiritual terakhir dalam Yudaisme atau kepercayaan Yahudi. Mereka yang pergi ke tempat ini hanylah roh-roh terpilih yang memiliki hak untuk menghabiskan keabadiannya bersama Tuhan.
Gan Eden digambarkan sebagai tempat yang 60 kali lipat lebih baik daripada berada di bumi. Walaupun dalam bahasa Ibrani Gan Eden berartikan "Taman Eden," namun dikatakan bahwa tempat ini bukanlah Taman Eden yang dimaksud dalam Alkitab melainkan tempat yang sama sekali berbeda dan belum pernah dilihat oleh siapapun yang masih hidup.

8. Folkvangr -  Mitologi Norwegia

Flokvangr adalah cerminan Valhalla dimana Freyja si Ratu Valkyrie adalah penguasanya
Pernahkan Anda mendengar kata Valhalla? Ya, beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar kata ini sebagai surganya mitologi Norwegia dimana Odin berkuasa di sana. Mereka yang meninggal dalam perperangan akan berada di Valhalla, namun ternyata hanya setengahnya yang pergi ke Valhalla.
Setengahnya lagi akan pergi ke tempat serupa yang dikenal dengan nama Folkvangr, tempat dimana ratu para Valkyrie berkuasa yakni Freyja. Freyja sendiri selain merupakan ratu dari para Valkyrie, ia juga sebenarnya merupakan Dewi perlambangan Cinta dan Nafsu Dalam Mitologi. Terlepas dari hal itu, Folkvangr sendiri adalah tempat yang sangat menyerupai Valhalla dan dikenal juga sebagai "Lapangan Tentara" atau "Lapangan Para Jiwa." Uniknya roh wanita disini juga dapat merupakan roh yang tidak meninggal dalam perperangan, berbeda dari Valhalla..

7. The Fields of Aaru - Mitologi Mesir

The fields of aaru adalah gambaran surga dalam mitologi mesir
Memiliki arti lain "Lapangan Persembahan" atau "Lapangan Elysian". The Fields of Aaru merupakan tempat Dewa Osiris tinggal sesudah ia dihidupkan kembali dari kematian. Sebelum mencapai Aaru, roh orang benar harus melewati sekitar 15 atau 21 gerbang dengan penjaganya masing-masing.
Namun ketika mereka sudah sampai di tanah tersebut dapat dikatakan mereka telah mencapai surganya bumi, yakni tempat menyerupai bumi namun jauh lebih baik. Digambarkan sebagai temapt dengan roti, pangan, dan bir berlimpah, tenang, dan para pria dapat memiliki istri sebanyak yang mereka mau. Sayangnya tidak diketahui apa yang didapatkan wanita.

6. Valkuntha - Agama Hindu

Valkuntha adalah gambaran surga dalam agama hindu dimana Dewa Agung Wisnu berdiam
Tempat peristirahatan terakhir bagi mereka yang telah mencapai Moksha (pengampunan dosa). Valkuntha sendiri merupakan tingkatan Surga paling tinggi dalam agama Hindu dimana Dewa Agung Wisnu beristirahat di sini. Sesuda mereka sampai di tempat ini, maka para roh akan mendapatkan kehangatan dan kedamaian dari Dewa Wisnu yang akan bertahan selamanya.
Uniknya, semua orang yang masuk Valkuntha dikatakan berparas cantik dan muda, khususnya untuk wanita bahkan kecantikan mereka dikatakan dapat sebanding dengan Dewi Keberuntugan Hindu, Lakshmi. Dikatakan dalam Valkuntha ada sebuah hutan yang dapat mengabulkan permintaan apapun yang diinginkan mereka yang tinggal di sana, dan sama seperti dalam mitologi Mesir, para pria dapat memiliki istri dan selir sebanyak yang mereka mau.

5. Tir Na Nog - Mitologi Irlandia

Tir Na Nog adalah surga dalam mitologi Irlandia
Tir Na Nog dapat diartikan sebagai "The Land of The Young" atau "Tanah Para Pemuda Pemudi." Tidak seperti kebanyakan Surga lainnya, tempat ini ada di Bumi yakni jauh di Samudera Atlantik dimana para jiwa memiliki kebahagiaan dan kemudaan abadi. Karena tempat ini ada di Bumi, maka walaupun mereka yang masih hidup dilarang ada di pulau ini akan tetapi jika mereka berhasil melalui ujian berat atau diundang langsung oleh peri di sana maka mereka boleh memasuki pulau ini.
Seorang penyair terkenal dalam sejarah Irlandia bernama Oisin dikatakan selagi hidup pernah memasuki pulau ini diundang oleh Niamh Chinn Oir, putri dari raja pulau Tir Na Nog. Ia hidup dan tinggal di sana selama 300 tahun namun Oisin mengaku hanya terasa 1 tahun di sana. Sayangnya, ia rindu akan tanah kelahirannya dan memutuskan meninggalkan pulau tersebut kembali ke Irlandia. Ia meninggal sesudah kembali ke tanah kelahirannya, Irlandia.

4. The Otherworld - Mitologi Celtic

The Otherworld adalah sebutan surga dalam mitologi Celtic
Serupa dengan mitologi Irlandia, surga mitlogi Celtic juga berada di bumi dan terletak di Samudera Atlantik. Hanya saja tempat ini dikatkaan berbentuk pulau yang berada di bawah lautan dan merupakan cerminan terbalik dari bumi tempat manusia berada. Pada pulau ini yang namanya penyakit, perang, penuaan, dan bentuk kejahatan lainnya tidak ada di tempat ini.
Berbagai Dewa dalam mitologi Celtik dikatakan tinggal di The Otherworld dan mereka roh orang benar akan dapat bersama dengan Dewa-Dewa ini selamanya. Yang berbeda jauh dibandingkan dengan surga-surga lain dalam daftar ini adalah pada tempat ini mereka yang masih hidup juga dapat mengunjungi tempat ini.

3. Elysium - Mitologi Yunani

Elysium atau Elysian Land adalah gambaran surga dalam kepercayaan Yunani
Dikenal juga sebagai tanah orang-orang yang diberkati. Tujuan Elysium ini sendiri sering berubah-ubah dalam mitologi Yunani, pada awalnya hanya mereka yang terpilih oleh Dewa yang dapat memasuki tempat ini, namun perlahan-lahan pilihan itu juga diperbolehkan ke semua orang benar. Tempat ini digambarkan sebagai tempat yang ideal tanpa perlu kerja dan perjuangan.
Terakhir adalah saat reinkarnasi mulai memasuki mitologi Yunani, Elysium dikatakan terbagi menjadi beberapa tingkatan dimana sebuah roh harus masuk 4 kali ke Elysium sebelum ia benar-benar menetap permanen di tempat itu. Seorang penulis dari Yunani mengidentifikasikan bahwa tempat ini berada di suatu pulau di lautan Atlantik (jangan-jangan semua kisah Surga ini mengacu ke tempat yang sama di Samudra Atlantik?)

2. Cockaigne - Mitologi Eropa Pertengahan

Cockaigne merupakan gambaran surga dalam mitologi eropa abad pertengahan
Cockaigne merupakan pulau mistis yang menyerupai surga umumnya, dimana setiap orang dapat memiliki apapun yang mereka inginkan. Sungai dari anggur dikatakan mengalir di tempat ini, dan rumah-rumah maupun jalanan terbuat dari kue.
Pada tempat ini seksualitas sangat sering terlihat, dimana orang-orang akan melakukan aktivitas mesum satu sama lainnya. Ditambah laigi mereka tidak perlu bekerja dan dapat berjalan-jalan sesuka hati mereka. Tempat ini juga dikatakan berada terletak di sekitar Samudera Atlantik (lagi-lagi Samudera Atlantik, kisah mengenai satu pulau?)

1. Surga - Agama Kristen

Surga sudah dikenal secara mendunia melalui kepercayaan Kristiani
Sebagai agama paling besar di dunia, Surga dalam agama Kristen sudah dikenal secara umum. Pada tempat ini tiada yang namanya kesedihan, perang, atau perbuatan dosa lainnya. Akan tetapi uniknya gambaran atas Surga itu ternyata hanya sementara, dan Alkitab mengatkaan bahwa surga asli hanya akan tercipta seteah Kiamat atau Hari Penghakiman terjadi. Sampai saat itu terjadi, maka roh orang-orang yang meninggal hanya ada di tempat sementara tanpa adanya dimensi waktu.sumber
Advertisement
Loading...
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda