Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

Dalil-Dalil Tentang Identitas Neraka

Dalil-Dalil Tentang Identitas Neraka

Nama lain dari Neraka, Allooh سبحانه وتعالى memberitakan kepada kita tidak kurang dari lima nama, yaitu: An Naar (Neraka). Dalilnya adalah Al Qur’an surat Fushshilat ayat 19,  surat Az-zumar ayat 16 dan surat Ghofir (Al Mu’min) ayat 47.
1. Disebut An Naar
Lihat QS. Fushilat (41) ayat 19 :
وَيَوْمَ يُحْشَرُ أَعْدَاء اللَّهِ إِلَى النَّارِ فَهُمْ يُوزَعُونَ
Artinya:
“Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allooh digiring ke dalam Neraka lalu mereka dikumpulkan (semuanya).”
Dan QS. Az Zumar (39) ayat 16 :
لَهُم مِّن فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ النَّارِ وَمِن تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ذَلِكَ يُخَوِّفُ اللَّهُ بِهِ عِبَادَهُ يَا عِبَادِ فَاتَّقُونِ
Artinya:
Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah merekapun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allooh mempertakuti hamba-hambanya dengan adzab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku, hai hamba-hamba-Ku.
Juga QS. Ghofir (Al Mu’min) (40) ayat 47 :
وَإِذْ يَتَحَاجُّونَ فِي النَّارِ فَيَقُولُ الضُّعَفَاء لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعاً فَهَلْ أَنتُم مُّغْنُونَ عَنَّا نَصِيباً مِّنَ النَّارِ
Artinya:
Dan (ingatlah) ketika mereka berbantah-bantah  dalam neraka, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Sesungguhnya kami adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebahagian adzab api neraka?”
Dalam ayat-ayat tersebut Allooh سبحانه وتعالى menggunakan kata “An Naar (Api Neraka), jadi An Naar adalah nama lain dari Neraka.
2.  Jahannam
Nama tersebut dalam Al Qur’an tidak kurang dari 75 kali disebut. Jahannam adalah kata lain dari Neraka. Menurut para ‘Ulama, makna kata  “Jahananam” adalah: “Dasar yang sangat dalam.” Maksudnya, dasar dari Neraka disebut Jahannam. Dan itu sekaligus menggambarkan sifat bahwa Api Neraka atau Jahannam itu sangat dalam.
Perhatikan firman Allooh سبحانه وتعالى dalam QS. Al-Baiyyinah (98) ayat  6 :
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُوْلَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ
Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang kaafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.”
3. Huthomah
Misalnya dalam QS. Humazah (104) ayat 4:
كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ
Artinya:
Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthomah.”
Huthomah artinya sangat dahsyat, apabila orang masuk ke dalam api Huthomah akan hancur lebur, berkeping-keping, berserakan. Maka Neraka disebut Huthomah, karena bila manusia dimasukkan ke dalamnya, maka ia akan tercabik-cabik dan hancur lebur.
4.  As Sa’iir (Neraka Sa’iir)
Ada 14 kali disebutkan dalam Al Qur’an, antara lain dalam QS. Asy-Syuuroo (42) ayat 7:
وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآناً عَرَبِيّاً لِّتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ
Artinya:
Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur’an dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Quro (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (Kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Neraka Sa’iir.”
5.  Saqor (Neraka Saqor).
Dalam Al Qur’an disebutkan 4 kali. Misalnya dalam QS. Al Muddatstsir (74) ayat 42:
مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ
Artinya:
Apa yang menyebabkan kamu dimasukkan ke dalam Saqor (Neraka)?
Menurut para ‘Ulama, disebut sebagai Saqor, karena di dalam Neraka itu terdapat besi-besi-besi panas yang sangat membakar dan semuanya itu akan menghimpit (menindas) seperti seterika bagi mereka yang masuk ke dalamnya.
6.  Ladzoo (Neraka Ladzoo).
Dalam QS. Al Ma’aarij (70) ayat 15 dan 16 :
كَلَّا إِنَّهَا لَظَى ﴿١٥﴾ نَزَّاعَةً لِّلشَّوَى ﴿١٦
Artinya:
Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya Ladzo itu adalah api (Neraka) yang bergejolak.
Yang mengelupaskan kulit kepala.
Lalu dalam QS. Al Lail (92) ayat 14 :
فَأَنذَرْتُكُمْ نَاراً تَلَظَّى
Artinya:
Maka Kami memperingatkan kamu dengan Neraka Ladzo yang apinya menyala-nyala.
Itulah beberapa dalil yang diberitahukan kepada kita bahwa Neraka itu tidak hanya mempunai satu nama, bahkan disebut dengan Ladzo (Lidah Api), karena berupa Api Neraka yang akan menjilat-jilat, menyambar dengan panas sekali bagi orang-orang yang masuk ke dalam neraka. Na’uudzubillaahi min dzaalik !
Itulah nama-nama lain dari Neraka, dan bukan menunjukkan tentang derajatnya neraka.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
Tag : Agama
0 Komentar untuk "Dalil-Dalil Tentang Identitas Neraka"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top