-->
PHP Dev Cloud Hosting

Jenis-jenis penyakit kulit yang kerap kali menyerang tubuh kita

1. Penyakit Kulit - Panu

Penyebab penyakit ini adalah jamur. Pada bagian yang terkena panu, biasanya berwarna agak keputihan. Di tempat-tempat inilah jamur tumbuh pada kulit. Kulit di tempat yang terkena panu ini akan terasa gatal. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengoleskan krim obat yang banyak dijual di apotik-apotik.
Masih banyak jenis-jenis penyakit kulit yang bisa menjangkiti manusia. Hidup bersih merupakan salah satu usaha untuk menghindari berbagai jenis penyakit kulit ini. Saat terjadi masalah pada kulit, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis supaya penyakit kulit tidak menyebar ke seluruh tubuh.

2. Penyakit Kulit - Bisul (Furunkel)

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang mengganggu. Rasa nyeri yang luar biasa pada bagian yang diserang bisul mengakibatkan terganggunya beberapa aktivitas.
Penyakit kulit yang bernama bisul ini disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri Stafilokus aureus pada kulit. Penginfeksian oleh bakteri Stafilokus aureus tersebut biasanya masuk melalui kelenjar minyak, rambut folikel, dan kelenjar keringat yang kemudian mengakibatkan infeksi lokal.
Seperti yang terjadi pada penyakit kulit lainnya bahwa bisul juga disebabkan oleh kurang bersihnya seseorang dalam menjaga kebersihannya. Tidak hanya masalah kebersihan saja tetapi juga dikarenakan oleh pemakaian kosmetik yang terlalu lama dan proses pembersihannya yang kurang rapi sehingga kosmetik menyumbat pori-pori kulit.
Penyebab lainnya yang juga mampu mendatangkan penyakit bisul pada kulit adalah luka luar yang terbuka dan akhirnya terkena infeksi bakteri Stafilokokus aureus. Selain itu juga disebabkan oleh terjadinya pelemahan karena diabetes.
Penyakit bisul memang penyakit kulit yang sangat mengganggu sekali. Apalagi penyakit kulit yang satu ini sering datang pada daerah-daerah yang sering digunakan untuk aktivitas sehingga ketika digunakan untuk beraktivitas maka rasa nyeri akan datang menyerang.
Bisul memang biasa tumbuh pada daerah yang sekitar kulit yang memiliki kelembapan yang tinggi dibandingkan dengan daerah yang lainnya. Daerah kulit yang biasanya dijadikan sarang tumbuhnya bisul adalah pada lipatan paha, ketiak, leher, kepala, dan paling banyak adalah di sekitar bokong.
Penyakit bisul bisa dilihat dengan mata terbuka, biasanya berupa benjolan yang terus membesar dan berwarna kemerahan. Mirip seperti jerawat namun bisul berpuluh-puluh lipat besarnya jika dibandingkan dengan jerawat.
Benjolan yang diakibatkan oleh bisul tersebut berisikan cairan nanah yang terasa panas dan berdenyut. Untuk mengobatinya cukup dioleskan salep yang bisa dibeli di apotik terdekat. Pemakaian salep digunakan agar bisul cepat membesar dan akhirnya mengeluarkan nanah. Biasanya orang akan memencet bisul tersebut dengan tangah hingga bisul benar-benar keluar semua nanahnya tinggal darah kotor saja.

3. Penyakit Kulit - Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala yang mampu diberikan oleh panyakit kulit kurap adalah adanya penebalan pada kulit yang disertai dengan timbul lingkaran-lingkaran.
Kulit akan menjadi bersisik, berair, dan akan terasa sangat gatal pada bagian yang terkena jamur tersebut. Pada akhirnya gejala tersebut akan menimbulkan bercak keputihan pada kulit yang disebabkan adanya pertumbuhan jamur pada kulit.
Penyakit kulit kurap timbul karena kurangnya menjaga kebersihan pada kulit kita. Biasanya daerah yang banyak terserang oleh jamur yang menyebabkan kurap adalah bagian tengkuk, leher, dan kulit kepala.
Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena penyakit kurap adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan terutama pada daerah yang paling sering diserap oleh jamur yang menyebabkan terjadinya penyakit kurap yakni pada daerah tengkuk, leher, dan kulit kepala.
Penyakit kulit kurap merupakan penyakit yang menular. Penularan yang diakibatkan oleh jamur tersebut bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau secara tidak langsung. Kontak yang tidak langsung biasanya paling banyak ditularkan lewat pakaian dan handuk.
Handuk atau pakaian yang pernah digunakan oleh orang yang menderita kurap memiliki potensi untuk menyebarkan jamur yang mulanya ada pada badan penderita berpindah ke handuk. Oleh karena itu biasakan menggunakan barang yang bisafat pribadai secara individu serta jaga selalu kebersihan badan agar tidak terserang penyakit kurap.
Untuk pengobatan penyakit kurap yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan obat pada bagian yang terserang jamur tersebut.
Penggunaan obat dengan pemakaian yang tepat akan menghilangkan penyakit kurap yang ada pada kulit.

4. Penyakit Kulit - Cacar air

Penyebab dari terjadinya penyakit kulit ini adalah virus. Saat penyakit ini menyerang, tubuh akan mengalami demam diawal. Setelah itu, di permukaan tubuh akan muncul bintik-bintik merah yang akan cepat menyebar.
Bintik-bintik ini berisi cairan dan harap diperhatikan bahwa jangan pernah menggaruk bintik-bintik ini karena nantinya akan meninggalkan bekas setelah sembuh. Setelah beberapa hari, bintik-bintik yang berair ini akan mengering dan perlahan-lahan hilang satu per satu. Untuk mempercepat proses penyembuhan, banyak istirahat dan konsumsi makanan bervitamin terutama buah-buahan.

5. Penyakit Kulit -Eksim

Ada beragam jenis-jenis penyakit kulit eksim ini, yaitu Dermatitis kontak, Dermatitis Atopik, Eksim stasis dan Eksim Numular. Penyakit ini menyerang kulit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Saat penyakit menyerang, kulit akan menjadi merah, kering dan terkadang bersisik.
Penyakit ini bisa membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kulit harus diolesi salep pelembab agar tidak terlalu kering. Penyakit ini juga sangat sensitif dengan kondisi cuaca. Makanan juga bisa menjadi penyebab terjadinya eksim.

6. Penyakit Kulit - Campak

Tak berbeda jauh dengan saudaranya cacar, penyakit ini juga disebabkan oleh virus. Saat seseorang menderita campak, dia harus berhati-hati karena penyakit ini dapat menular dengan mudahnya. Gejala penyakit ini diawali dengan demam dan batuk. Setelah itu, akan muncul bercak-bercak merah di kulit. Untuk proses penyembuhannya, pasien harus beristirahat dan meningkatkan konsumsi makanan dengan gizi tinggi.

7. Penyakit Kulit -Melanoma

Penyakit melanoma adalah penyakit kanker kulit yang mampu menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyakit melanoma sangat berbaha jika hanyadibiarkan saja tanpa adanya upaya pengobatan dari penderitanya. Kemungkinan seseorang untuk membiarkan penyakit ini dikarenakan oleh dua hal.
Yang pertama adalah karena kurangnya pendanaan atau biaya yang dimiliki oleh penderita, sehingga tidak mampu mengadakan operasi untuk menghilangkan melanoma. Yang kedua adalah tidak adanya kesungguhan menghilangkannya karena hanya dianggap sebagai tahi lalat biasa saja.
Melanoma berbeda dengan tahi lalat, walaupun bentuknya hampir sama dengan tahi lalat. Melanoma akan terus berkembang dengan cepat dan membesar yang nantinya akan masuk ke dalam sistem jaringan. Jika sudah masuk ke dalam sistem jaringan maka tidak bisa dilakukan upaya operasi, melainkan dilakukan terapi terlebih dahulu.

Gejala-gejala Penyakit Kulit
  • Timbul raum-raum Obat alami penyakit kulitObat penyakit kulit
  • Kadang disertai demam Obat penyakit kulit
  • Kemungkinan Cara penularan obat penyakit kulit
  • Penularan langsung:sentuhan/bersinggungan lansung dengan penderita
  • Gatal-gatal(saat pagi,siang,malam,ataupun sepanjang hari)
  • Melalui perantaran:melalui pakaian,selimut,handuk,sabun mandi yang dipakai oleh penderita 
 Baca Juga Definisi Dan Fungsi Alat Rontgen Secara Lengkap
Advertisement
Loading...
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda