Belajar SEO Blog, Pendidikan, Komputer, Kesehatan, Bisnis Online, Adsense

Diberdayakan oleh Blogger.

45 Cara Menambah Followers Twitter dengan Cepat (Gratis)Terbaru

Kebanyakan hampir semua orang dan bisnis memiliki sebuah akun di Twitter. Twitter merupakan sebuah social media yang dapat berfungsi sebagai tools yang sangat powerful dalam bisnis. Oleh karena itu banyak sekali orang yang ingin memperbanyak followers di Twitter karena followers di Twitter lebih punya engangement dibanding jejaring sosial lain.
 
Nah awalnya saya juga penasaran bagaimana sih cara menambah followers di Twitter, selain untuk keperluan bisnis juga ada serasa bangga bila akun Twitter kita difollow ribuan orang. Meskipun saya juga tidak suka bila akun Twitter pribadi difollow banyak orang karena akan membuat segala yang kita share diketahui banyak orang. 

Berikut adalah 45 cara menambah followers tanpa following dan tanpa menggunakan software apapun.

 Buatlah akun Twitter anda dikenal banyak orang

1. Kenali istilah Twitter
Jika anda merupakan warga baru di TwitterLand maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah terbiasa dengan istilah-istilah yang kerap digunakan tweeps. Inilah 10 istilah dasar di Twitter yang harus anda ketahui. 


2. Buatlah bio yang keren
Banyak orang akan melihat bio anda terlebih dahulu untuk menentukan apa mereka akan follow anda atau tidak. Buatlah bio perusahaan anda jelas dan gamblang namun usahakan dengan bahasa yang bersahabat, tidak kaku. Pastikan foto profil Twitter anda juga mencerminkan brand anda. Contoh bio Twitter yang keren disini
3. Buat bio sesuai event
Perbarui bio Twitter anda setiap perusahaan atau blog anda sedang mengadakan events atau kampanye bisnis. Jika anda sedang mengadakan kontes atau kuis maka tambahkan link tersebut ke Twitter bio anda. 
4. Promosikan di jejaring sosial lain
Sudah jamak diketahui orang modern saat ini tidak hanya memiliki satu jejaring sosial. Beberapa jejaring sosial yang terpopuler adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Instagram, hingga Google Plus. Pastikan anda mempromosikan akun Twitter anda di tiap akun jejaring sosial anda yang lain. 
5. Promosikan Twitter anda di blog atau website
Embed Twitter feed ke blog anda. Pastikan anda sudah menambahkan tombol "Follow" di situs anda. Permudah pengunjung yang ingin share postingan blog anda.
6. Promosi dengan promosi biasa
Selain melalui dunia maya, anda juga bisa mempromosikan akun Twitter anda di alat promosi di dunia offline. Anda bisa membuat stiker, banner, backdrop, kartu nama, atau brosur yang anda bubuhi akun Twitter anda. Semakin banyak anda promosi maka semakin besar peluang anda untuk menambah followers dari alat promosi di dunia nyata.
7. Masukkan Twitter anda di signature email
Jangan lupa untuk menambahkan link akun Twitter anda di email signature anda. Bila orang yang anda kirimi email tertarik dengan anda, maka kemungkinan besar ia akan follow Twitter anda dan memperbanyak followers anda hanya dengan mengirimkan email.
8. Mention orang tiap hari
Usahakan mention orang lain setiap hari ketika anda berinteraksi di Twitter. 
9. Gunakan akun Twitter anda untuk mendaftar di forum-forum
Anda mungkin terlibat di situs publik lainnya. Masuk menggunakan akun Twitter Anda, dan bio Anda akan sering ditampilkan ketika Anda posting. Jika Anda berhasil di situs tersebut, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengikut di Twitter juga.
10. Jika anda guest blog, masukkan akun Twitter anda dalam tulisan
Jika cara anda mempromosikan bisnis atau blog anda dengan cara menulis di situs orang lain, maka pastikan anda memasukkan akun Twitter anda kedalam tulisan yang anda buat.
11. Daftar ke Direktori Twitter
Yups, ada banyak Direktori Twitter dimana orang mencari orang yang menarik ataupun akun bisnis yang keren. Tidak sulit untuk mendaftar di layanan Diretori Twitter dan biasanya mereka menawarkan layanan tersebut secara gratis. Direktori Twitter merupakan cara menambah followers Twitter tanpa perlu ribet. Coba layanan situs Direktori Twitter berikut ini: TwelloWeFollow, dan TweetFind

Follow orang ataupun akun bisnis

13. Follow back orang yang follow anda
Ketika seseorang follow anda, yang harus anda lakukan berikutnya adalah cek bio mereka dan follow balik akun mereka. Mem-follow balik orang lain akan membuat mereka merasa spesial dan terlihat kalau anda menghargai mereka di jejaring sosial. Semakin banyak anda follow balik orang lain tidak akan mengurangi sedikit pun usaha anda.
14. Follow orang lain yang follow orang yang mirip anda
Mungkin penejalasannya agak ribet yah. Gampangnya gini, gunakan layanan Twitter "Who to Follow" yang biasanya muncul berupa rekomendasi siapa-siapa saja yang harus anda follow yang mirip dengan anda. Algoritma Twitter memberi rekomendasi berdasarkan aktifitas anda di Twitter. 

15. Follow pemimpin industri anda
Temukan siapa pemimpin dalam industri yang anda geluti. Follow mereka, dan cobalah untuk berinteraksi dengan mereka. Bila anda sering berinteraksi dengan mereka, followers mereka yang lain mungkin akan tertarik dengan anda dan menjadi followers anda. Tentu saja itu akan menambah followers anda di Twitter.
16. Berusahalah untuk di Follow artis atau orang terkenal
Jangkaulah artis atau pemimpin di industri yang anda geluti. Mention mereka, retweet mereka, dan minta mereka untuk follow anda. Mereka mungkin cuma akan me-retweet permintaan anda. Namun efeknya besar bila mereka memiliki ribuan followers.
17. Kirim Direct Message ke followers baru anda
Sekali lagi, cara ini hanya untuk membuat followers anda merasa kalau anda menghargai dan mengapresiasi mereka. Hal itu juga menunjukkan anda peduli dan anda bukan 'robot' yang hanya ingin mencari ketenaran di jejaring sosial. 

Gunakan Hastags

18. Gunakan hastags
Twitter adalah salah satu platform sosial media pertama,kalau bukan yang pertama, yang memperkenalkan hashtags. Hingga saat ini, hashtags masih populer dan tetap cara unik untuk menyampaikan pesan anda. Gunakan maksimal 3 hashtags - jangan lebih - agar anda tidak terlihat seperti sedang spamming. Lagian anda hanya bisa menggunakan sedikit hashtags karena anda cuma punya 140 karakter.
19.  Gunakan 'Trending Hashtags"
Pantau trending hashtags - Anda dapat melihat trending tag yang sedang berlangsung di dunia, dan untuk wilayah geografis. Ketika Anda melihat sebuah tren yang berhubungan dengan bisnis Anda, usahakan anda untuk terlibat dalam membuat tweet dengan menggunakan hashtags tersebut. Libatkan diri anda dengan menggunakan tags, ataupun meretweet tweet orang lain dalam trending hashtags atau trending topic.

20. Gunakan hashtags khusus

Buatlah hashtags khusus untuk kampanye bisnis anda. Promosikan hashtags tersebut kepada konsumen ataupun followers anda di Twitter. Contoh, jika anda sedang mengadakan kontes di Twitter, gunakan hashtags khusus untuk mengecek siapa saja orang yang ikut kontes tersebut.

21. Gunakan hashtags yang umum
Bila Anda ingin memperluas jangkauan tweet Anda, cari hashtags umum yang berhubungan dengan topik tweet Anda. Misalnya, jika Anda mengirimkan pesan tentang lokasi terbaru toko Anda, termasuk nama lokasi sebagai hashtag.
22. Cari tweet, kata kunci, atau hashtags yang berhubungan dengan anda
Lakukan pencarian untuk kata-kata bisnis yang relevan (seperti nama perusahaan Anda). Tetap di atas menyebutkan Anda dan produk Anda di Twitter. Cari hashtags baru untuk terlibat dengan terlalu.

Cara terbaik menambah followers Twitter

23. Jadilah informatif
Ketika anda nge-tweet di Twitter, berusahalah untuk membuat agar tweet anda itu informatif dan bermanfaat bagi followers anda. Terlepas akun Twitter anda dibuat hanya untuk bisnis, selalu ingat hukum 80/20. Artinya posting 80% tweet anda seputar informasi penting ataupun tips hingga gaya hidup. Sedang 20% sisanya untuk promosikan produk anda.
24. Jadilah original
Perbanyaklah membuat tweet yang unik dan asli buatan anda sendiri. Usahakan tetap nyambung dengan topik anda. Tweet yang unik dan menarik serta original akan memperbanyak followers anda. 
25. Jadilah inspirasitif
Buatlah tweet seputar quotes orang terkenal ataupun orang sukses di akun Twitter anda. Quotes adalah salah satu konten yang paling banyak diretweet di Twitter. Makin banyak tweet anda diretweet, makin besar kemungkinan followers anda akan bertambah.
26. Tweet seputar posting blog anda
Tulis ringkasan posting blog anda di Twitter, dan link mereka kembali ke situs Anda.
27. Buat tweet seputar berita terbaru
Twitter umumnya digunakan sebagai cara instan untuk mendapatkan berita terbaru. Jika ada berita terbaru seputar acara, event, atau kejadian yang baru saja terjadi di dunia usahakan anda untuk terlibat dan membuat tweet yang berkaitan dengan hal tersebut. Hal ini masih ada kaitannya dengan menjadi informatif.
28. Bertanya
Pertanyaan akan membuka sebuah percakapan atau dialog dengan followers anda. Pertanyaan juga akan membuat followers anda merasa terikat dengan anda. Jadi bertanyalah pada followers anda dan buat mereka merasa terhubung dengan anda. Retweet jawaban terbaik ataupun jawaban yang paling unik dari pertanyaan anda. Di retweet oleh akun Twitter orang lain akan membuat seseorang merasa dihargai. 
29. Gunakan gambar / photo
Berdasarkan penelitian 36 % link yang di share di Twitter adalah gambar atau foto. Oleh karena itulah banyak fotografer yang aktif di Twitter. Ada banyak fotografer yang menajaring banyak relasi dan followers dengan upload foto di Twitter. Masukkan foto atau gambar anda, buatlah yang bagus agar banyak diretweet. Semakin banyak diretweet orang, semakin besar peluang anda untuk menambah followers.
30. Gunakan video
Twitter saat ini sudah sangat men-support video. Kendati pengguna tidak bisa upload video ke Twitter namun Twitter memfasilitasi keinginan user mereka dengan membuat layanan video sharing Vine. Anda pun bisa embed video dari layanan video sharing lain seperti Metacafe atau YouTube. Video yang keren bakal dapat banyak perhatian dari pengguna Twitter. Semakin keren video anda, semakin besar kemungkinan anda untuk memperbanyak followers.
31. Posting ulang tweet terpopuler anda
Lacak tweet-tweet anda dan tentukan mana tweet yang paling banyak dapat retweet atau di-reply oleh followers anda. Ulangi tweet tersebut.
32. Buatlah tweet yang singkat
Buatlah tweet yang kurang dari 140 karakter. Sebab hal itu memudahkan followers untuk menambahkan RT, MT (Modified Tweet), dan @mention
33. Minta retweet
Agar tweet anda di retweet banyak orang, jangan malu untuk meminta followers anda meretweet tweet anda. Berdasarkan penelitian, minta retweet membuat tweet di RT lebih dari 12 kali lebih banyak daripada tidak meminta.
33. Jangan autotweet
Jangan biasakan untuk menshare semua update anda di setiap jejaring sosial yang anda miliki dengan cara auto atau otomatis. Banyak layanan yang menyediakan jasa update socmed gratis, autotweet Twitter, autopost Facebook. Saran saya, usahakan manual. Update di Facebook tentu beda cara bacanya dengan update di Twitter.
34. Jangan ngetweet melulu
Jangan terus-menerus ngetweet di Twitter. Mereka tidak mau tahu apa yang anda lakukan tiap 5 menit. Jadi buatlah tweet beberapa kali sehari. Hal itu akan membuat followers anda respek dan tidak unfollow akun anda.
35. Jadilah penulis yang baik
Anda hanya mempunyai 140 karakter untuk ditulis di Twitter. Hal itu membuat anda harus berpikir keras bagaimana menyampaikan pesan anda kepada followers anda dalam karakter yang terbatas. Oleh karena itu, jadilah penulis yang baik dimana mampu menyampaikan pesan yang baik kepada pengikut tanpa memerlukan banyak kata.
36. Bikin tweet yang cetar membahana
Ok, Anda benar-benar mendapatkan keuntungan di Twitter untuk dapat menulis berita besar. Jumlah karakter Twitter agak berarti setiap tweet yang Anda buat adalah informasi utama. Buatlah menarik dan menarik ke pengikut Anda, dan Anda akan mendapatkan retweeted untuk pengikut mereka, dan seterusnya dan seterusnya. Para pengikut akan mulai mengikuti Anda juga.

Berhubungan dengan followers / konsumen

37. Fokus pada konsumen bukan pada produk
Sesuai kata-kata saya diatas selalu ada yang namanya Hukum Pareto 80/20. Jadi usahakan anda tweet itu 80% konten yang bermanfaat untuk konsumen anda. 20% sisanya baru gunakan untuk promosi produk. Ingat konsumen anda adalah manusia bukan robot. 
38. RT followers anda
Tunjukkan apresiasi anda kepada followers anda dengan meretweet mereka. Anda membuat followers tersebut terekspos dan ada rasa bangga diretweet anda. Sedang keuntungan buat anda adalah hal tersebut menunjukkan bisnis anda peduli pada konsumennya.
39. Tweet posting blog orang lain
Jika anda menemukan sebuah postingan di blog orang lain yang berhubungan dengan bisnis anda. Maka jangan ragu untuk tweet posting blog tersebut di akun Twitter anda, dan cobalah @mention blogger yang menulis artikel tersebut.
40. Mention orang lain
Jangan ragu dan malu untuk mention orang lain. Usahakan mention anda berbobot. 
41. Balas mention
Jika seseorang mention Twitter anda, balas mention tersebut secepatnya ketika anda online. Cepat balas mention juga termasuk dalam bagian Customer Service di era digital seperti ini. 
42. Bikin kontes
Buatlah sebuah kontes yang interaktif (bisa kontes vote, kontes foto, kontes bikin gambar unik, kontes nulis, hingga kontes bikin video). Buatlah followers anda merasa menjadi bagian dari usaha anda. Tambahkan syarat untuk jadi peserta adalah dengan follow akun anda. Dijamin anda menambah banyak followers dengan cara ini, terlebih kalau hadiahnya keren.
43. Tawarkan deal eksklusif
Tawarkan followers Twitter anda sesuatu yang spesial dan mereka akan mendapatkannya hanya bila mereka follow anda. Entah itu pulsa, buku, ebook, hingga DVD. Terserah anda.
44. Manfaatkan undian dan hadiah
Tawarkan pengikut Twitter anda kesempatan untuk menang dari anda. Anda akan menawarkan sesuatu yang anda anggap keren dan bakal anda kasih gratis hanya untuk followers Twitter anda. 
45. Gunakan promoted tweets
Bila anda punya budget lebih, saya rekomendasikan untuk beriklan di Twitter dengan promoted tweets. Buatlah tweet anda dilihat oleh followers dan calon followers anda.
Sumber
Itulah tadi 45 cara menambah followers Twitter dengan cepat tanpa menambah banyak following versi saya. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan dengan baik. Kalau dengan cara ini anda menambah followers banyak kasih komentar dibawah yah.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Ilmu Tazbhy
0 Komentar untuk "45 Cara Menambah Followers Twitter dengan Cepat (Gratis)Terbaru"

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda

Back To Top